Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

 

Untuk mengetahui bagaimana cara perhitungan Break Even Poin (BEP) agar  saat melakukan usaha tidak mengalami kerugian. Berikut adalah Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi secara sederhana. Perhatikan data dibawah ini ! 

CV Jaya Abadi merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang pembudidayaan dan perdagangan Benih Ikan Konsumsi di Sukabumi. Pada awal usaha CV Jaya Abadi mengalami kerugian yang tidak jelas, padahal produksi terus jalan dan penjualan juga sangat bagus. Setelah diamati lebih mendalam ternyata CV Jaya Abadi tidak memperhitungkan nilai BEP, jadi harga jual yang ditawarkan oleh CV Jaya Abadi terlalu rendah dan tidak mampu menutupi biaya produksi. Oleh sebab itu CV Jaya Abadi akhirnya melakukan perhitungan BEP. 

Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi didasarkan dari perhitungan biaya yang difokuskan pada kegiatan pembenihan saja dengan menggunakan berbagai asumsi, antara lain: 

a. Satu siklus kegiatan pembenihan, terdiri dari pemijahan induk sampai dengan panen benih yang siap didederkan. 

b. Satu siklus kegiatan pembenihan > 30 hari. 

c. Biaya produksi yang dibutuhkan dalam 1 siklus pembenihan sebesar Rp. 450.000 yang terperinci

d. Hasil dari kegiatan pembenihan yang dilakukan dalam 1 siklus, antara lain: 

1)  Pada satu siklus pemijahan ikan cupang dapat menghasilkan telur sekitar 10.000 butir. 

2)  Setelah masa inkubasi, 90% telur menetas menjadi benih atau larva, berarti 90% x 10.000 = 9000 benih. 

e. Jika benih yang dihasilkan 9000 ekor, sedangkan asumsi harga jual benih ikan lele dihargai Rp 200/ekor (ukuran 6-9 cm) , maka dalam satu siklus pembenihan dapat dihasilkan pendapatan kotor (omset) sebesar Rp 200 x 9.000 = Rp 1.800.000 per siklus pembenihan. 

f. Jadi perkiraan dalam satu siklus pembenihan ikan cupang dapat dihasilkan pendapatan bersih selama satu tahun sebesar: 

Pendapatan bersih   

= Pendapatan kotor – biaya produksi  

= Rp 1.800.000 – Rp. 450.000 

= Rp 1.350.000 per siklus pembenihan

 

Selain perhitungan dan asumsi inti kegiatan pembenihan, untuk menghitung pembiayaan keseluruhan usaha budidaya ikan lele masih ada aspek yang harus diperhatikan seperti aspek-aspek kegiatan pemeliharaan induk yang bertujuan menghasilkan induk matang gonad yang berkualitas bagi kegiatan pembenihan, selain itu masih ada kegiatan pendederan dan pembesaran yang memiliki pasar yang lebih luas lagi.

Kemudian jika dilakukan Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi maka biaya produksi menjadi dasar perhitungan BEP. Jika biaya produksi yang dikeluarkan untuk budidaya pembenihan ikan lele sebesar  Rp. 450.000 dan total produksi sebanyak 9.000 ekor, dengan harga jual benih ikan lele  Rp. 200/ekor maka:

BEP Produksi  = Rp 450.000 : Rp 2.000 =   2250 ekor

BEP Harga  = Rp 450.000 :  9000 ekor =   Rp 50/ekor

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Contoh Menghitung BEP Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait