Tes Samapta Akademi Militer (AKMIL), Ini Rangkaian Tesnya!

Sebelum mengikuti Tes Samapta Akademi Militer dan mendaftar Sebagai Taruna Akademi Militer atau Akmil tentunya membutuhkan kegiatan-kegiatan yang perlu menggunakan fisik yang prima. Sehingga calon harus memiliki kemampuan fisik yang bagus agar bisa lulus menjadi Taruna Akademi Militer. Meskipun begitu tidak perlu khawatir karena kemampuan fisik bukanlah bawaan sejak lahir, melainkan dapat diperoleh dengan cara berlatih.

Untuk menjadi Taruna Akademi Militer, calon akan melewati serangkaian seleksi atau tes, salah satunya adalah tes Samapta. Seleksi ini akan menguji kemampuan jasmani Calon Taruna dengan standar penilaian tertentu. Tidak sedikit peserta yang gugur saat seleksi tes ini. Karena seringkali peserta tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin dan terlalu menganggap sepele tes Samapta.

Oleh karena itu, jika saat ini anda sedang berjuang menyelesaikan rangkaian seleksi masuk Akmil, tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis tes Samapta jasmani yang harus Anda lalui. Sehingga nantinya Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berlatih tes Samapta.

 

Baca Juga :

 

Jenis-Jenis Tes Samapta Jasmani Akademi Militer

Tes fisik yang harus dilalui oleh calon Akademi Militer tentunya berbeda dengan olahraga pada umumnya yang biasanya dilakukan sehari-hari. Ada kriteria-kriteria tertentu agar taruna dan taruni dapat lolos seleksi tes samapta. Berikut beberapa jenis tes fisiknya:

  1. Lari 12 Menit

Dalam tes ini, peserta diberikan waktu 12 menit untuk berlari mengelilingi lapangan sepak bola setidaknya dapat mencapai 6 kali putaran. Untuk menyelesaikan tes ini, maka harus disiapkan fisik yang matang dan sering berlatih lari.

  1. Pull Up dan Chinning

Tes satu ini memang cukup sulit jika tidak latihan terlebih dahulu. Taruna akan dites untuk melakukan gerakan yang diawali dengan bergantung pada sebuah tongkat horizontal, lalu menarik badan ke atas hingga sampai ke dagu melewati tongkat tersebut dan kembali turun. Sedangkan pada taruni bukan tes pull up, melainkan chinning.

  1. Sit Up

Calon taruna juga akan dites untuk melakukan gerakan sit up. Tes ini sangat mengandalkan kekuatan otot perut. Agar lebih optimal, maka lakukan latihan minimal 35 kali pada pria dan 30 untuk wanita.

 

  1. Push Up

Push up yaitu dengan melakukan gerakan naik turun dengan bertumpu pada tangan dan kaki, untuk laki-laki. Sedangkan pada wanita, push up dilakukan dengan bertumpu pada lutut. Penilaian biasanya dilakukan selama 1 menit untuk 35 kali gerakan pada laki-laki dan 30 kali pada wanita.

  1. Shuttle Run

Ini adalah tes akselerasi dan kelincahan sebagai salah satu tes di Akademi Militer, yaitu dengan berlari membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang dengan jarak 10 meter.

  1. Renang

Menjadi taruna dan taruni Akmil juga diwajibkan memiliki kemampuan berenang. Biasanya akan dites renang gaya bebas untuk menempuh jarak 25 meter.

Baca Juga :

Tips Lolos Tes Samapta Akademi Militer

Tidak sedikit calon yang mengalami kegagalan saat melakukan tes samapta jasmani karena kurangnya persiapan. Selain itu, gerakan yang dilakukan juga tidak benar, sehingga mengurangi poin yang diperoleh. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes kesamaptaan, peserta sebaiknya membekali diri dengan banyak latihan dan pengetahuan seputar gerakan yang benar agar lebih siap.

Berlatihlah dengan orang yang paham dengan gerakan tes fisik yang benar, sebaiknya tidak berlatih menurut sudut pandang pribadi. Idealnya untuk latihan bisa dilakukan minimal 3 hingga 4 bulan sebelum tes masuk Akademi Militer.

Latihan bisa dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu. Bagi yang belum bisa berenang, bisa menggunakan jasa pelatih renang agar kemampuan berenang cepat terlatih. Latihan berenang bisa dilakukan seminggu satu atau dua kali. Dengan melakukan latihan, dapat mempersiapkan diri sendiri untuk menghadapi tes fisik masuk Akademi Militer nantinya.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait