Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis

Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis

 

1. Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis 

Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya: pengembangan melalui skala usaha, cakupan usaha, dan kerjasama (gabungan, eksplorasi baru).

 

2. Bahan Pendukung Produk Elektronika Kendali Otomatis 

Bahan pendukung Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis berupa sumber daya yang terdapat di sekitar kita diantaranya terbagi menjadi : 

a. Sumber Daya Alam 

Sumber daya alam adalah kekayaan yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam dibagi menjadi dua : 

1) Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable), yaitu sumber daya alam dimana ketika      dimanfaatkan secara terus menerus masih dapat diperbaharui kembali. 

2) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable), yaitu apabila sumber daya alam ini dimanfaatkan secara terus menerus oleh manusia jumlahnya akan berkurang dan lama kelamaan akan habis. 

b. Sumber Daya Manusia 

Pemanfaatan sumber daya alam melibatkan manusia. Tantangan sumber daya manusia sekarang ini adalah mampu menjadi manusia yang berkualitas sehingga dapat memanfaatkan SDA secara optimal dengan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja dan kewirausahaan.

 

3. Alat Pendukung Produksi

Komputer dan mesin laser cutting, digunakan untuk memotong, sesuai dengan kebutuhan dan hasil potongan tergantung jenis mesin laser, daya mesin laser, setting kecepatan potong, dan power yang diprogram melalui komputer. 

Pilih gambar yang akan dilaser, tentukan dan pilih jenis setting dengan menggunakan kombinasi antara kecepatan dan power dengan hasil potongan yang baik. Perangkat lunak, sistem dan cara kerja yang berbeda antara mesin laser satu dengan yang lain.

 

4. Menerapkan Keselamatan Kerja 

Keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materil maupun nonmateril. Unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat material diantaranya sebagai berikut: 1) Baju kerja, 2) Helm, 3) Kaca mata, 4) Sarung tangan, dan 5) Sepatu. 

Unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat nonmaterial adalah sebagai berikut: 1) Buku petunjuk penggunaan alat, 2) Rambu-rambu dan isyarat bahaya, 3) Himbauan-himbauan, dan 4) Petugas keamanan.

 

5. Perawatan Produk Elektronika 

Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis dalam Perawatan produk meliputi pemeliharaan peralatan dan pemeliharaan lingkungan. Aktivitas perawatan produk dikembangkan secara berkala dan harus sesuai dengan SOP yang dikembangkan untuk produk tersebut.

 

Baca Juga 

 

Demikian Artikel Langkah Pengembangan Usaha Produk Elektronika Kendali Otomatis Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait