Al-Banjari itu seru Lho guys!

Siapa sih yang gak tahu Al-Banjari? Pasti hampir semua orang tahu seni musik dengan bumbu-bumbu islami yang satu ini. Bahkan ekstrakurikuler satu ini sudah menjadi salah satu ekskul wajib di pondok-pondok pesantren seluruh Indonesia. Eits! Tapi jangan salah, saat ini bukan hanya pondok pesantren saja yang menjadikan seni musik penuh sejarah ini menjadi kegiatan pemngembangan para santrinya. Sekolah umum pun tak mau kalah dengan memasukkan Al-Banjari ke dalam list ekstrakurikuler mereka saat ini.

Mungkin beberapa dari kalian banyak yang melirik sebelah mata tentang ekstrakurikuler yang satu ini dengan berbagai macam alasan yang klise. “Kuno!” atau “Gak jaman banget!”. Mungkin jika kalian salah satu dari banyak orang dengan pemikiran demikian. Kalian hanya sekedar tahu Al-Banjari dari permukaannya saja.

Yuk! Kita intip Al-Banjari masa kini! Yang pastinya gak bakal bikin kalian berpikir untuk berkata “Kuno” dan “Gak jaman banget” untuk ekstrakurikuler bersejarah yang satu ini.

Al-Banjari masa kini, tidak hanya menggunakan berbagai macam jenis rebana saja lho. Karena pada kenyataannya Al-Banjari masa kini bisa dikolaborasikan dengan berbagai macam alat musik modern seperti halnya keyboard ataupun bass. Bahkan mungkin jika kalian adalah kawula muda kreatif, kalian bisa mengkolaborasikannya dengan alat musik lainnya. Yang menurut kalian mungkin kekinian banget!

Tapi, meskipun saat ini Al-Banjari dengan kolaborasi alat musik modern sudah memiliki banyak peminat. Ternyata eksistensi Al-Banjari murni masih melambung tinggi, terutama dalam acara-acara festival dan sejenisnya. Selain lebih kental dengan corak kebudayaan lamanya, ternyata Al-Banjari murni lebih efisian sebagai media penenang pikiran dan sebagai media renungan. Al-Banjari murni seolah memiliki daya pikat tersendiri dalam setiap sentuhan nadanya. Belum lagi dengan syair-syair dari karangan para ulama’ yang dibwakan dengan sedemikian rupa hingga menambah kesan dalam dan penghayatan dan setiap iramanya.

Dengan Al-Banjari, kita bisa lebih tahu mengenai perjalan dan perjuangan Rasulullah SAW. Meresapi setiap kisah perjalan beliau yang tak dapat dibilang mudah. Al-Banjari memberikan kita lebih dari sekedar kata ekstrakurikuler, karena dari Al-Banjari kita juga dapat memupuk dan memperkuat imtaq dengan cara yang menyenangkan sekaligus menenangkan.

Jadi, buat kalian semuanya gak perlu ada kata gak yakin buat masuk ekstrakurikuler satu ini. dijamin selain kalian bisa mengembangkan bakat kalian. Disini kalian juga bisa sekaligus melepas penat dan juga merefleksikan diri untuk lebih dekat dengan panutan kita Rasulullah Muhammad SAW.

Terimakasih banyak untuk waktu kalian, semoga artikel ini bermanfaat. Salam “Kak Ai”wink



Artikel Terkait

Share Artikel





IKUTI FANSPAGE KAMI




FOLLOW INSTAGRAM

Hosting Unlimited Indonesia