Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah

Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah

 

Produk kesehatan yang terbuat dari Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah, sangat banyak jumlahnya. Hampir di setiap daerah produk kesehatan yang berbahan baku nabati. Di Indonesia ada sekitar 7000 tanaman obat yang sudah diidentifikasi dan digunakan untuk medis. Produk kesehatan dapat memanfaatkan berbagai bagian dari tumbuhan seperti rimpang, kulit kayu, daun, dan bunga.

a. Rimpang Jahe 

Jahe atau Zingiber officinale, memiliki beberapa nama berbeda di beberapa daerah yaitu halia, bahing, beeuing, sipodeh, jahi, dan jae. Rimpang jahe dimanfaatkan diantaranya untuk anti-inflamasi, mengatasi batuk dan menghilangkan nyeri otot.

b. Kulit Kayu 

Secang Secang atau Caesalpinia sappan, dimanfaatkan kulit kayunya dalam pengobatan tradisional. Ekstrak kulit kayu secang digunakan sebagai obat diabetes, disentri, luka dalam, malaria, tetanus, dan banyak lagi.

c. Daun Sirih 

Hijau Sirih hijau atau Piper betle L. banyak dimanfaatkan daunnya dalam pengobatan tradisional. Daun sirih mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri, mengandung anti jamur, dan antioksidan. Daun sirih digunakan untuk mengobati perdarahan pada hidung, sebagai obat batuk, obat sariawan, obat jerawat, dan masih banyak lagi. Selain sirih hijau, ada juga sirih hitam atau Piper betel var nigra dan sirih merah atau Piper crocatum Ruiz yang digunakan dalam Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah.

d. Bunga Ceguk 

Ceguk atau Quisgualis indica, memiliki beberapa nama berbeda di beberapa daerah yaitu dani, udani, wudani, bidani, kacekluk, kaceklik, ceguk, cekluk, wedani, rabet dani, dan tikao. Ekstrak bunga Quisqualis indica merupakan antibakteri. Selain bunganya, biji, dan buah Cenguk juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

e. Buah Belimbing Wuluh 

Belimbing wuluh atau Averrahoa blimbi L., memiliki beberapa nama yang berbeda di beberapa daerah yaitu limeng, selimeng, thlimeng, selemeng, asom, balimbingan, bhalingbhing bulu, libi, dan belerang. Saringan 10 buah belimbing wuluh yang ditumbuk halus, dicampurkan dengan 2 (dua) sendok makan air garam, dan diminum 2 kali sehari dapat mengobati batuk rejan. Selain buahnya, daun, bunga, dan ranting belimbing wuluh dimanfaatkan dalam Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah.

 

Baca Juga 

 

Demikian Artikel Bahan Nabati Untuk Produk Kesehatan Khas Daerah Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait