10 Universitas Terbaik di Indonesia | Mana Universitas idamanmu? | Ex-School

Selamat Siang sobat Exschool! Siang-siang gini enaknya baca artikel terbaru dari Exschoolyaa.. Tahun ajaran 2017-2018 baru saja selesai nih kawan-kawan. Bagi yang sudah lulus SMA tahun ini pastinya ada kawan-kawan yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi idaman kalian masing-masing kan. 

 

Kalau kalian sudah diterima di PTN lewat jalur SNMPTN selamat yaa, jangan sia-siakan kesempatan kalian. Bagi yang belum diterima jangan sedih, masih ada jalur SBMPTN. Bagi kalian yang masih bingung untuk menentukan universitas mana yang akan kalian tuju, Exschool mau memberikan Daftar 10 Universitas terbaik Indonesia tahun ini nih. Simak ulasannya berikut ini ya..!

 

1. Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta

Sumber : ugm.ac.id
Sumber ugm.ac.id

 

Universitas Gadjah Mada ini atau disingkat UGM yang berlokasi di Yogyakarta berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia.  Padahal kampus ini disebut banyak orang kampus Ndeso. Yang luar biasa lagi UGM menduduki peringkat 105 Daftar Universitas Terbaik di Asia. Luar Biasa bukann….

 

Ngomong-ngomong tentang UGM, Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1949, dengan jumlah Mahasiswa Kurang lebih 50.000 dengan 18 Fakultas. WoW…

 

2. Universitas Indonesia

Sumber : kampusaja.com

 

Universitas Indonesia atau disingkau UI ini mendapatkan peringkat nomor dua setelah UGM, padahal pada tahun 2016 UI mendapatkan peringkat nomor satu di Indonesia. Kok bisa ya???

Padahal Universitas Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1849 dan dijuluki Universitas Tertua di Indonesia. Pada tahun 2016 UI juga menempati rangking 67 di Daftar Universitas Terbaik di Asia.

Salah satu Kelebihan Universitas Indonesia mempunyai Perpustakaan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1,5 juta Buku. Dengan jumlah mahasiswa 45.000 orang.

 

3. Institut Pertanian Bogor – Bogor

Suber : ipb.ac.id

 

Institut Pertanian Bogor atau disingkat IPB, Institut ini sudah berdiri sejak tahun 1 September 1963. IPB adalah Institut yang memiliki spesialis sekolah pertanian. Berdirinya IPB ini adalah salah satu visi dari para pemimpin bangsa yang menilai membutuhkan sekolah yang berkualitas baik di bidang pertanian dan bidang yang terkait.

 

IPB mempunyai 10.000 – 15.000 Mahasiswa. IPB bisa menjadi Institut terbaik karena Institut ini berbeda dari Universitas/Institut lainnya. Sekolah ini hanya berfokus kepada ilmu pertanian.

 

4. Universitas Diponegoro

Sumber : baa.undip.ac.id

 

Universitas Dipenegoro atau disingkat UNDIP ini sudah berdiri sejak tahun 1957 tetapi saat itu UNDIP ini masih menjadi Universitas Swasta dan namanya adalah Universitas Semarang. Lalu pada tahun 1961, Presiden Soekarno memberikan nama Universitas Diponegoro dan diberikan gelar Negeri.

Dan pada tahun ini UNDIP meraih peringkat kelompok 231 – 240 universitas terbaik di Indonesia. Dengan jumlah 45.000 Mahasiswa.

 

5. Universitas Sebelas Maret – Surakarta

Sumber : infonawacita.com

 

Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS ini sudah berdiri sejak tahun 11 Maret 1976 Sejak tahun 1977, UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas + 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta melalui Surat Keputusan Walikota Surakarta tanggal 18 Oktober 1976 nomor 238/Kep/T3/1976. 

Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.

UNS memiliki 10 Fakultas dan 1 Pascasarjana, dan dengan jumlah 32.795 Mahasiswa.

 

6. Universitas Brawijaya

Sumber : infokampus.news

 

Universitas Brawijaya atau disingkat UB ini sudah berdiri sejak tahun 1963 berlokasi di Malang, Jawa Timur. Jangan heran Universitas Brawijaya bisa masuk di Daftar Universitas terbaik di dunia nomor 1.354. 

UB sangat di idamkan oleh para pelajar tamatan SMA sederajat. Kenapa ? karena memang termasuk universitas terbaik dan mempunyai fasilitas terbaik juga di jawa timur. Dan banyak juga lulusan dari Universitas Brawijaya yang sukses di usia muda..

 

7. Institut Teknologi Bandung – Bandung

Sumber : www.itb.ac.id

 

Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB ini berdiri pada tahun 1920, dan berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Kampus Ganesha ini menempati ranking 401-410 di jajaran universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017. 

Institut Teknologi Bandung juga mendapat peringkat 86 di Asia, Kerennya ITB itu banyak menghasilkan insinyur dan pakar-pakar perminyakan dan arsitektur hebat. Di jajaran sekolah teknik, ITB masuk di kelompok 300 terbaik di seluruh dunia. Keren kan.. 

ITB adalah Institut impian para pelajar lulusan SMA sederajat. ITB memiliki 10.000 – 15.000 Mahasiswa. Sedikit cerita dari teman “Masuk di ITB itu Susah, hanya Orang Pintar saja yang bisa masuk di ITB”. Apakah Betul ??? (Jawab di Komentar)

 

8. Universitas Negeri Yogyakarta – Yogyakarta

Sumber : kampusaja.com

Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY ini berdiri pada tahun 1964. Dan berlokasi di Yogyakarta, hehehe… masa di Jakarta… Universitas Negeri Yogyakarta ini memperoleh peringkat ke 1.416 di dunia. 

UNY telah ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) secara penuh. Pada tahun 2010, UNY menerapkan ISO 9001:2008. Saat ini UNY terus berupaya meningkatkan diri melalui peningkatan kualitas manajemen institusi pendidikan dan dosen, keunggulan dan kepemimpinan, maupun dukungan fasilitas disemua fakultas dan unit-unit bertaraf internasional. 

 

9. Universitas Padjajaran – Bandung

Sumber : www.unpad.ac.id

 

Universitas Padjajaran atau disingkat UNPAD ini sudah berdiri sejak 1957 dan berlokasi di bandung, Jawa Barat. Kampus yang akrab disebut UNPAD ini juga menawarkan pendidikan untuk gelar Diploma, Sarjana, Master, dan Doktor pada beberapa area pendidikan.

Saat ini, UNPAD telah berhasil menempati peringkat 1.570 dunia.

 

10. Universitas Airlangga – Surabaya

Sumber : infokampus.news

Berdirinya Universitas Airlangga tahun 1954, yang selanjutnya disingkat UNAIR, tidak dapat dipisahkan dari perjalanan panjang pendidikan tinggi di Indonesia. Cikal bakal perguruan tinggi di Indonesia itu adalah “Dokter Djawa School” (Sekolah Dokter Jawa), didirikan di Batavia tahun 1851.

UNAIR sangat di idamkan oleh para pelajar tamatan SMA sederajat. Kenapa ? karena memang termasuk universitas terbaik dan mempunyai fasilitas terbaik juga di jawa timur. Dan banyak juga lulusan dari Universitas Airlangga yang sukses di usia muda..

UNAIR Mempunyai 14 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana, dan mempunyai total 39.414 Mahasiswa.

Baca Juga :

Nah, gimana Sobat Exschool? Sudah menemukan universitas idaman kalian semua?. Jangan lupa konsultasikan juga universitas pilihan kalian itu dengan orang tua atau guru BK kalian agar tidak salah dalam memilih universitas. Oke, sekian dulu ya artikel 10 Universitas Terbaik di Indonesia | Mana Universitas idamanmu? . Semoga bermanfaat!



Artikel Terkait

Share Artikel