7 Tips Jitu Jaga Kesehatan Saat Virus Corona Melanda Dunia

Pada saat - saat seperti ini, memang sangat cenderung membuat diri kita menjadi lebih sering merasa panik dan kebingungan terhadap banyak hal, baik itu tentang keadaan ekonomi yang semakin memburuk, pendidikan yang tidak maksimal, hubungan dengan sesama yang harus merenggang (social distance) dan yang paling utama yaitu tentang kesehatan pribadi kita.

Ingin pergi keluar untuk sekedar membeli makanan saja mengharuskan kita untuk memakai masker terlebih dahulu, waspada terhadap sentuhan orang lain, siap sedia hand sanitizer di saku, bahkan juga harus menjaga jarak kita dengan orang lain minimal 1 hingga 2 meter. Semua itu dilakukan hanya agar diri kita tidak tertular Virus COVID-19 atau biasa disebut Virus Corona.

Tentu saja hal tersebut sangat tidak praktis bagi setiap orang dalam menjalani kegiatan kesehariannya. Maka dari itu, selain menjaga kebersihan diri dari luar, ada baiknya juga jika kita membentengi diri dari dalam tubuh dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Supaya daya tahan tubuh atau imun dalam diri kita tetap terjaga stabil dan kuat, sehingga mampu melawan berbagai virus atau bakteri sumber penyakit yang berbahaya seperti Virus COVID-19. Lalu upaya apa saja yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan diri kita dari dalam? Simak tips berikut ini ya.

 

Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Virus Corona Melanda

1. Berpikir Positif

Apakah ada hubungannya? Eitss.. Jangan salah, dengan upaya berpikir positif mampu menjaga imunitas di dalam tubuh kita menjadi tetap stabil lho. Bagaimana bisa? Karena, jika kita mengalami stres dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita, dan jika imunitas kita menurun Virus Corona ini bisa masuk ketubuh kita lho.

Coba ingat - ingat, pasti kamu pernah merasakan ketika setelah stress badan kalian menjadi terasa lemas ya kan? Nah, itu salah satu tanda bahwa imun kamu menurun. Oleh karena itu, berpikir positif sangat diperlukan dalam menjaga imunitas dari dalam. Mulai biasakan berpikir positif tentang segala hal yuk! Mari Lawan Virus Corona dengan dirumah.

2. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Tahukah kamu jika virus yang terdapat dalam tubuh bisa mati ketika suhu badan kita panas? Yap, Dalam penelitian hal tersebut telah terbukti. Seperti saat kalian sakit flu kemudian suhu badan kamu otomatis menjadi meningkat. Itu berarti imun di dalam tubuh kamu sedang melawan bakteri / virus jahat dari luar.

Maka dari itu, hindari meminum minuman yang bersuhu dingin dan perbanyaklah minum air putih hangat. Supaya jika ada bakteri / virus jahat dalam diri kamu bisa terkontrol dengan baik dan imun kalian tetap terjaga. Kamu bisa rutin meminum air putih hangat setiap 2 jam sekali, atau alangkah lebih baiknya jika kamu menjadikan semua minuman yang akan kamu minum menjadi bersuhu hangat. Risiko adanya virus dalam tubuhmu akan semakin terminimalisir dengan baik.

3. Olahraga Dengan Teratur

Tapi bukannya kita tidak boleh terlalu lama berada di luar rumah ya ? Olahraga itu tidak harus selalu dilakukan di luar ruangan ya. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah lho. Seperti angkat beban dan bermain lompat tali.

Tidak punya alat - alat olahraga tersebut? Kalian bisa lakukan olahraga seperti push up, sit up, back up, senam, bahkan dance. Intinya lakukan berbagai gerakan yang dapat membuat kalian menjadi berkeringat. Sebab, keringat menandakan bahwa metabolisme dalam tubuh kalian itu lancar dan baik.

Tubuh pun jadi sehat dan kuat, juga jangan malas - malas membersihkan diri setelah berolahraga ya, mandi setelah berolahraga juga penting. Lakukan kegiatan olahraga tersebut secara rutin dengan durasi kurang lebih 30 menit per hari. Badan sehat Virus Corona pun menjauh dari kita..

4. Mengonsumsi Vitamin Setiap Hari

Vitamin apa saja? Vitamin yang paling baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga yaitu Vitamin C dan B6. Vitamin tersebut mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh dengan sangat baik, sehingga kemungkinan sakit akan terminimalisir. Kalian bisa minum vitamin C atau vitamin B6 ketika pagi dan sore. Jika hal tersebut rutin dilakukan maka dapat memperkuat imunitas tubuh kalian.

5. Menambah Bahan Makanan yang Meningkatkan Imunitas Tubuh

Makanan memang tidak bisa kita hindari karena setiap hari kita sangat memerlukan makanan. Oleh sebab itu, selain memperhatikan kebersihan makanan, perlu juga kita mengikutsertakan beberapa bahan makanan yang mampu memperkuat imunitas dalam tubuh kita. Makanan apa sajakah itu? Bahan makanannya mudah dan sering kita temui lho, seperti bawang putih, brokoli, dan jahe.

Bahan makanan tersebut memiliki senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas seperti virus. Nah, mulai hari ini yuk tambahkan bahan makanan tersebut dalam menu makanan kita sehari - hari.

6. Rutin Berkumur dengan Antiseptik Alami

Menjaga kebersihan mulut tidak kalah pentingnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Sebab sebagian besar penyakit atau virus masuk dimulai dari mulut kita, setelah itu baru ke dalam organ tubuh.

Oleh sebab itu, jaga kesterilan mulut kita dari virus atau bakteri dengan rutin setiap hari berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam selama 1 menit. Sebab garam mampu menetralisir dengan baik dan air hangat dapat membunuh bakteri ataupun virus karena suhunya yang cukup tinggi. Kamu bisa menambahkan satu sampai satu setengah sendok makan garam dalam satu gelas air hangat. Kemudian aduk hingga garam larut, lalu berkumurlah. Maka dari itu, yuk rutin lakukan kegiatan berkumur ini dengan rutin setiap hari saat sebelum tidur.

7. Perbanyak Doa

Jangan sepelekan satu hal ini ya. Ada baiknya jika kita mengambil hikmah dari maraknya penularan Virus Corona (COVID-19) ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Apalagi kita diberi waktu lebih banyak untuk berada di dalam rumah, maka dari itu manfaatkan momen ini untuk lebih serius dalam berdoa kepada Tuhan, supaya penyebaran Virus Corona ini dapat secepatnya berhenti dan semuanya menjadi stabil kembali. Sebab, Tuhanlah yang pegang kendali atas hidup kita. Yuk selalu doakan negara dan bumi kita tercinta ini.

Baca Juga :

Bagaimana? Sekarang sudah tidak khawatir lagi terhadap daya tahan tubuh kamu di masa maraknya Virus Corona ini kan? Jika kalian telah menerapkan berbagai tips di atas, tetap jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari luar juga ya. Penting untuk rutin mencuci tangan dan menjaga kesterilan diri dari sentuhan orang lain. Tetap jaga jarak aman dengan orang lain, rajin mencuci baju harian, serta hindarilah kebiasaan merokok.

Yuk kita sama - sama ikut mencegah penularan Virus Corona ini dengan mengurangi pertemuan dengan orang dalam jumlah banyak serta lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Selain itu, jangan ikut menyebarkan berita hoax tentang Virus Corona ini ya, pandai - pandailah dalam menyeleksi berita yang benar dan yang kurang benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih banyak readers, stay safe ya.

 



Artikel Terkait