Inilah Daftar Gaji TNI Dari Pangkat Rendah Sampai Tertinggi

Inilah daftar gaji TNI dari pangkat rendah sampai tertinggi yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai acuan jika kamu ingin menjadi seorang TNI. Dimana dimulai dari bulan Juli 2018, kabarnya gaji TNI dan POLRI dinaikkan hingga 70%. Keputusan ini sudah disampaikan oleh Bapak Jokowi dari tahun 2018 yang lalu. Kabar kenaikan gaji ini tentu saja bisa menjadi kabar yang gembira.

Pembagian Gaji TNI Secara Garis Besar

Jika dilihat dari besaran persentase, memang terlihat fantastis sekali. Jadi, berapa sih total penghasilan dari anggota TNI yang ada di Indonesia itu? Sebenarnya secara garis besar itu besaran gaji TNI tersusun atas 2 bagian. Yaitu ada gaji pokok dan juga gaji tunjangannya yang selalu melekat dengan gaji bulanan, beserta tunjangan kinerjanya. Inilah daftar gaji TNI dari pangkat rendah sampai tertinggi!

Inilah Daftar Gaji TNI dari Pangkat Rendah Sampai Tertinggi

  1. Berdasarkan PP No. 31 Th 2015, sama halnya dengan gaji PNS, karena gaji pokok TNI ini juga didasarkan pada golongan dan masa kerjanya. Sehingga, besarannya menjadi berbeda-beda. Untuk gaji TNI dari pangkat paling rendah adalah 1,56 juta rupiah. Sedangkan, untuk pangkat yang paling tinggi sebesar 5,6 juta rupiah. Selain itu,masih ada tunjangan istri atau tunjangan suami.

  2. Bila kamu sudah menikah, kamu akan mendapat tunjangan suami atau istri hingga 10% dari gaji pokokmu. Misalnya saja, gajimu sebesar 1,66 juta rupiah karena masih berada di golongan I yang masa kerjanya selama 4 tahun, maka tunjangan istri atau suamimu sebesar 166 ribuan rupiah per bulan. Selain itu, masih ada lagi tunjangan anak.

  3. Tunjangan anak ini nilainya 64 ribu per bulan, bila gaji pokokmu 1,66 juta. Namun, tunjangan anak ini Cuma diberikan bila anakmu berusia tidak lebih dari 21 tahun, belum berpenghasilan, dan juga belum menikah. Tak hanya itu saja, masih ada lagi tunjangan beras yang diatur ke dalam Dirjen Perbendaharaan dengan nomor 3 tahun 2015 sebesar 18 kg + 10 kg.

  4. Sedangkan tunjangan jabatan ini berlaku untuk kamu yang sudah menjabat struktural, dimana besaran tunjangan terendahnya senilai 360 ribu per bulan Sedangkan tertinggi senilai 5,5 juta rupiah. Namun untuk anggota yang tidak memiliki jabwan Cuma akan mendapat tunjangan umum sebesar 75 ribu per bulan. Sementara untuk uang lauk pauknya sebesar 60 ribu per hari. Jadi, total tunjanganya 1,8 juta rupiah.

  5. Masih ada tunjangan operasi pengamanan untuk anggota yang tugasnya di wilayah perbatasan dan pulau kecil, dimana besarannya terbagi menjadi 4 bagian. Yaitu, 150% dari gaji pokok hingga 50% dari gaji pokok. Sedangkan perhitungan tunjangan kinerjanya sebesar 1,1 juta sampai 35 juta, karena mengacu pada peraturan PP 87 tahun 2015. Inilah daftar gaji tni dari pangkat rendah sampai tertinggi

Contoh Simulasi Gaji TNI

Anggap saja kamu adalah seorang anggota TNI baru dari golongan I A yang masa kerjanya masih 0 tahun dan juga belum menikah. Maka gaji yang akan kamu dapatkan adalah sebesar 1,56 juta rupiah sebagai gaji pokok + 144 ribu rupiah untuk tunjangan beras + 75 ribu rupiah untuk tunjangan jabatan + uang untuk lauk pauk sebesar 1,8 juta rupiah.

Ditambah lagi masih ada tunjangan sebesar 1,1 juta. Sehingga, jika dijumlahkan secara keseluruhan, gaji totalnya adalah sebesar 4,67 juta. Tentunya saja dengan adanya peningkatan gaji hingga 70%, tunjangan kinerjanya bisa mencapai 1.87 juta. Dengan begitu, total gajinya bisa menjadi 5,44 juta. Bila ditambahkan gaji ke-13, tentu gajinya makin menggiurkan. Jadi, seperti inilah daftar gaji TNI dari pangkat rendah sampai tertinggi.

 



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait