5 Manfaat Puasa yang harus kamu ketahui !!!

Halo, Sobat Exschool! Bagaimana kabar kalian hari ini ? Semoga baik baik saja ya.. Tidak terasa ya sekarang sudah mau memasuki bulan Ramadhan. Bagi kalian yang muslim dan sudah baligh, tentunya sudah wajib untuk melaksanakan ibadah puasa ya. 

 

Ngomong-ngomong soal puasa, kalian sudah pasti tau apa itu puasa, bagaimana tata caranya, bagaimana niatnya. Tapi kalian sudah tau belum tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan dan mental kita?.Pasti sebagian besar kalian ada yang belum tau kanyaa hehe.. 

 

Tapi jangan khawatir, Exschhool akan memberitahu kalian tentang beberapa manfaat berpuasa. Mau tau? Inilah beberapa manfaat berpuasa:

 

Baca Juga :

 

1. Membakar Lemak Jahat di dalamTubuh

Yap, sudah pasti. Saat berpuasa, kalori yang terbakar akan lebih banyak daripada kalori yang kita konsumsi. Apalagi jika saat berpuasa kita tetap beraktivitas, kenapa bisa begitu?  Setidaknya dalam delapan jam sehari, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu akan terbakar habis, setelah itu tubuh memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi. Namun perlu diingat nih sobat Exschool, bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka harus mengandung protein, lemak dan karbohidrat secukupnyaya!

 

2. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

Penelitian dari American College of Cardiology, menunjukkan bahwa puasa memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH), 1300 persen pada wanita dan kenaikan 2000 persen pada pria. Mengapa ini penting? HGH membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Hormon ini juga membuat panjang umur dan mengatur metabolisme.

 

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa bisa memicu peningkatan protein yang diproduksi otak atau BDNF. Protein ini membantu peremajaan dan regenerasi sel induk otak dan meningkatkan fungsi memori. 

Menurut Mark Mattson, seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (Amerika Serikat), puasa bahkan dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

 

4. Mencegah Trigliserida, Kolestrol dan Resistensi Insulin

Puasa telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengatur Trigliserida dan kolestrol jahat serta resistensi insulin. Ini adalah faktor penyebab resiko penyakit jantung nih Sobat Exschool. Resistensi insulin menningkatkan resiko diabetes dan puasa yang sehat membantu kadar gula dan kadar insulin di dalam tubuh.

 

5. Mengurangi Resiko Penuaandan Penyakit Berbahaya

Puasa dapat membantu mengurangi resiko penyakit berbahaya sampai batas tertentu dan mendetoksifikasi tubuh dengan memproduksi senyawa anti-inflamasi tanpa risiko kekurangan gizi.

 

 

Baca Juga :

 

Nah, itulah beberapa manfaat berpuasa yang dapat Exschool sampaikan kali ini. Selamat berpuasa di bulan Ramadhan ini jangan lupa untuk berolahraga ataupun sekedar beraktivitas untuk membakar lemak jahat di tubuh kita serta mendetoksifikasi tubuh dan pikiran. Sebenarnya masih banyak manfaat yang kita dapatkan saat berpuasa, tetapi akan Exschool jelaskan di lain waktuya Sobat. Terus kunjungi website  Exschool untuk mendapatkan info edukasi lainnya.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa Sobat Exschool!



Artikel Terkait

Share Artikel