Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia

Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia

 

Musik modern diidentikkan dengan ditambahkannya sentuhan teknologi yang lebih maju dan penggunaan alat musik yang modern untuk mengiringi sebuah lagu. Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia Selain itu, musik modern juga diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di masyarakat luas saat ini. Musik modern bersifat terbuka, artinya komposisi dan gaya musik ini sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari suatu masa. 

Musik modern memiliki tempo yang cepat dan sudah dipoles kembali dengan sentuhan-sentuhan teknologi pada instrumennya dan juga penyajiannya. Musik modern selalu berbeda di setiap zaman, karena musik modern jenis ini cepat berkembang tergantung kemajuan teknologi dan pola pikir musiknya. Musik ini juga bersifat universal karena hampir semua kalangan usia dapat menikmatinya.

Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia

Jenis musik ini memiliki konsep yang fleksibel, yang umumnya menggunakan tangga nada diatonis, mayor, maupun minor. Berdasarkan ciri khasnya, musik modern dibagi menjadi beberapa aliran, antara lain pop, balada, rock, musik jazz, dance, latin, un group, dan dangdut.

1. Lagu Dangdut

Lagu dangdut biasanya diiringi dengan kendang dan seruling. Lagu dangdut sebenarnya merupakan istillah dari orkes Melayu. Pada awalnya, lagu Melayu asli adalah Deli. Lagu Melayu asli masih menggunakan gendang tradisional Melayu yang memungkinkan sentuhan dendang dan joget tradisional. Lagu daerah Melayu contohnya Selayang Pandang, Lancang Kuning, dan Seringgit Si Dua Kupang. Para musikus dangdut berusaha mengembangkan lagu Melayu.Jembatan menuju Melayu pop modern Indonesia adalah pengembangan berbentuk musik orkestra. Pengembangan lebih jauh ke Melayu modern didirikan oleh Orkes Melayu Tarantula (Reynold Panggabean) dan Soneta Group (Rhoma Irama). Oleh karena itu, pada era sekarang, orkes Melayu lebih dikenal dengan istilah dangdut. Beberapa contoh penyanyi dangdut legendaris Indonesia, yaitu Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Mansyur S., Meggy Zakaria, Ellya Khadam, A. Rafiq, Ikke Nurjanah, Evie Tamala, Jaja Mihardja, Camelia Malik, dsb. Salah satu karya Rhoma Irama yang berisi syarat dengan nasihat untuk para remaja adalah lagu Begadang dalam Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia.

2. Lagu Pop

Populer dari kata pop. digemari, disenangi masyarakat. Jadi musik pop berarti musik yang lagi digemari di masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Jenis musik ini tidak tahan lama, mudah hilang dan berganti lagi dengan lagu-lagu lain yang baru. Proses penciptaannya pun biasanya jarang menggunakan bentuk komposisi (tertulis), bentuk lagu, lirik lagu, progresi chord, aransemen sederhana, mudah diingatm dan sifatnya menghibur. Tema lagu pop biasanya membahas kejadian kehidupan sehari-hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening. Lagu pop biasanya disajikan kepada pendengarnya dengan mungutamakan teknik penyajian dan kebebasan dalam menggunakan ritme maupun jenis instrumen, bukan karena bentuk, pola susunan, maupun struktur lagu tersebut. Lagu pop biasanya dimainkan dalam bentuk group musik.

3. Lagu Jazz

Ciri khas lagu jazz di antaranya vokal sering menirukan suara instrumen, suara penyanyinya biasanya memounyai karakter vokal yang berat, harmonisasinya terdengar rumit, memiliki tonalitas yang luas, sering terjadi modulasi atau perpindahan tangga nada dalam sebuah lagu dan ritme, serta melodinya memiliki kecenderungan sering berimporovisasi. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopisasi. Sebagai gaya bermain, musik jazz tidak tertentu susunan alat musiknya. Secara garis besar, musik jazz menggunakan alat musik gitar, trombon, trompet, keyboard/piano, drum, dan vokal.Tokoh jazz pada masa lalu, di antaranya Charlie Parker (saksofon), Duke Ellington (komponis), Benny Goodman( klarinet). dan Louis Amstrong (trompet). 

4.  Lagu Rock

Musik rock adalah salah satu genre dalam khanzanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas, biasanya juga dengan penambahan instrumen seperti keyboard, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik gitar elektrik maupun akustik. 

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern Indonesia Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait