Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai

Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai

 

A. Kemasan Produk Kerajinan Fungsi Pakai 

Produk kerajinan yang siap dipasarkan sebaiknya dikemas dengan baik agar terlihat lebih menarik dan tahan lama. Kamu telah banyak mempelajari aneka kemasan yang dapat dihasilkan untuk memperindah karya kerajinan. Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai yang paling banyak dipakai orang di toko adalah plastik. Plastik dapat menghindarkan produk kerajinan dari debu dan jamur. Benda yang terbuat dari daun dan kayu yang berukuran kecil dapat diselipkan silica antijamur yang dibungkus kertas. Silica dapat dibeli di toko kimia. Kemasan tidak hanya disiapkan untuk karya yang dijual tetapi juga dapat sebagai pelengkap karya kerajinan yang akan dipamerkan dengan tujuan karya dapat terlihat lebih dominan. Misalnya, kain tenun yang dikemas dengan gawangan kayu sebagai display pameran. Dengan demikian, kain tenun tersebut lebih terlihat indah dan menarik dibandingan tidak menggunakan gawangan.

 

B. Modofokasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai

Modifikasi produk kerajinan sudah kamu pelajari setiap sesi dalam mata pelajaran Prakarya. Wawasan dan pengetahuan pembuatan karya kerajinan fungsi pakai pada bagian terdahulu telah kamu peroleh. Kali ini kamu akan mengembangkan karya modifikasi kerajinan fungsi pakai berdasarkan pengalamanmu. Apakah yang kamu rasakan setelah mempelajari bagaimana membuat karya modifikasi? Adakah yang kamu temui saat observasi, eksplorasi, dan berkarya? Tentunya rasa syukur dan bangga menyelimuti hati kita sebagai bangsa Indonesia karena segala potensi yang dimiliki alam Indonesia dan sumber daya manusianya dapat menjadikan Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai.

 

1. Kerajinan modifikasi fungsi pakai hasil kombinasi bahan atau teknik Penyederhanaan dan Penggayaan 

Dalam mmbuat karya modifikasi tentunya kamu sudah memahami tidak hanya dengan menggayakan atau menyederhanakan bentuknya, tetapi juga dapat dipadukan bahan dan tekniknya, agar didapatkan produk kerajinan yang jauh lebih memiliki daya tarik. 

Setelah apa yang sudah kamu ketahui dan alami, tentunya pemahamanmu menjadi bertambah. Karya modifikasi dapat dipadukan dengan beberapa bahan atau beberpaa teknik. Hal yang terpenting adalah kedua bahan atau teknik yang dipakai merupakan kegiatan membuat sebuah karya yang tidak meninggalkan peran fungsionalnya. Setiap daerah memiliki keunggulan kreativitas dalam memodifikasi kerajinan khas wilayah setempat. Cobalah kamu amati apa yang menjadi keunggulan dari kerajinan modifikasi yang dipadukan baik dari sisi bahan maupun tekniknya di daerah asalmu! Lakukanlah bersama kawankawanmu! Bandingkan pula dengan kerajinan dari negara lain.

Para perajin yang biasa berkarya dengan satu jenis model karya akan menemukan rasa jenuh, apalagi jika peminat makin berkurang. Hal yang dapat dilakukan adalah mengkreasikan karya dengan modifikasi baik dengan menyederhanakan atau menggayakan bentuk, teknik, atau dekorasinya agar terlihat sedikit berbeda. Menyederhanakan bentuk dapat dihasilkan karya yang tidak biasa untuk mengurangi karya yang monoton. Menggayakan bentuk seolah-olah ada peningkatan kreativitas dalam karya, meskipun yang diubah hanya sebagian kecil saja. 

Berdasarkan latihan pengamatan karya yang dilakukan secara terus-menerus, kamu dapat membuat pengalaman menjadi meningkat. Lakukanlah pengamatan lebih banyak lagi pada karya kerajinan agar hasil modifikasi karyamu menjadi suatu karya yang bersifat kebaruan.

 

2. Kemasan produk kerajinan fungsi pakai modifikasi 

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan. Terkadang karena ukurannya sangat besar, karya tidak bisa dibuat Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai. Oleh sebab, itu kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung pada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang, tetapi dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian, penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat. Kemasan merupakan wadah sebuah produk kerajinan yang dapat melindungi produk, memudahkan penggunaan produk, memperindah penampilan produk, dan meningkatkan nilai jual sebuah produk.

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Kemasan Dan Modifikasi Produk Kerajinan Fungsi Pakai Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait