Mengenal Jenis - Jenis  Dari Sebuah Unggas Pedaging

Mengenal Jenis - Jenis  Dari Sebuah Unggas Pedaging

 

Cobalah perhatikan lingkungan di sekitarmu! Jenis - Jenis Dari Sebuah Unggas Pedaging apakah sajakah yang kamu temui? Hewan unggas merupakan sumber protein dan lemak untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Unggas adalah hewan ternak  yang memiliki bulu di seluruh tubuhnya dan kaki yang bersisik. Unggas adalah jenis hewan yang termasuk ke dalam kelompok burungburungan. Ciri-ciri lain Jenis - Jenis Dari Sebuah Unggas Pedaging adalah memiliki sayap dan paruh serta bulu pada tubuh permukaan tubuhnya. Berdasarkan produk yang dihasilkan, unggas dibagi menjadi unggas pedaging, unggas petelur, serta unggas pedaging-petelur.  

Jenis - Jenis Dari Sebuah Unggas Pedaging sama dengan  unggas petelur. Cobalah kamu amati jenis-jenis unggas pedaging apa saja yang ada di sekitar? Amati ciri-ciri unggas yang ada di sekitarmu! Unggas pedaging adalah unggas yang dipelihara untuk menghasilkan daging.  Jenis unggas pedaging antara lain adalah ayam,  bebek/itik,  enthog, angsa, dan burung puyuh.

a. Ayam 

Ayam adalah jenis unggas pedaging yang paling diminati oleh masyarakat. Ayam pedaging memiliki ciri-ciri sebagai berikut: ukuran badan besar, pertumbuhan cepat, berdaging, memiliki temperamen tenang dan lamban, serta kaki berbulu.  Jenis ayam pedaging terdiri dari ayam ras pedaging (Broiler), ayam ras petelur afkir, ayam jantan ras petelur, ayam induk petelur, ayam induk pedaging, dan ayam bukan ras.

b. Ayam Bukan Ras 

Ayam bukan ras disebut juga ayam kampung yang tersebar di wilayah Indonesia sehingga namanya memakai nama suatu daerah,  misal ayam kedu, ayam nunukan, atau ayam sentul. Ayam kampung merupakan hasil domestifikasi ayam hutan.

c. Ayam Ras Pedaging (Broiler) 

Ayam ras pedaging merupakan ayam pedaging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ayam ras pedaging memiliki jaringan ikat yang lunak dan berwarna putih. Ayam ini dipelihara selama 5-7 minggu lalu dipotong. Ukuran ayam ras pedaging berkisar antara 1.3-1.5 kg/ekor.

d. Ayam Ras Petelur Afkir 

Ayam ras petelur afkir adalah ayam  petelur yang sudah habis masa bertelurnya. Ayam ras afkir petelur berumur sekitar 20 bulan dengan berat 2.0-2.5 kg/ekor. Kepadatan jaringan ikat ayam ini tergolong baik, namun memiliki kualitas daging yang rendah karena kandungan lemak yang tinggi. Ayam ras petelur dapat berasal dari tipe ringan atau tipe medium.

e.  Ayam Jantan Ras Petelur 

Jenis ayam jantan ras petelur  adalah ayam petelur yang berkelamin jantan.  Ayam jantan ras petelur dipelihara utnuk diambil dagingnya.  Harga bibit ayam jangan ras petelur lebih murah dan petumbuhannya tergolong cepat.

f. Ayam Induk Petelur 

Ayam induk petelur adalah ayam ras betina dan jantan penghasil telur bibit untuk ditetaskan menjadi bibit ayam. Karkas yang dihasilkan oleh ayam induk petelur keras, kulit kuat,  mengandung banyak lemak di bawah kulit.

g. Ayam Induk Pedaging 

Ayam induk pedaging adalah ayam induk yang menghasilkan telur untuk ditetaskan menjadi ayam pedaging. Ayam ini terdiri atas ayam induk betina dan ayam induk jantan. Ayam induk pedaging   mengandung banyak lemak di bawah kulit.

h. Itik 

Itik merupakan unggas yang hidup di air. Itik memiliki memiliki pertumbuhan yang cepat dan badan berukuran besar. Terdapat tiga jenis itik pedaging sudah dikenal masyarakat, yaitu: itik Alabio,  itik Mojosari,  itik Bali, dan entok

i. Itik alabio 

Itik alabio yang dijadikan pedaging dapat berkelamin betina atau jantan. Berat badan dewasa untuk betina adalah 1.4 kg dan jantan 1.5 kg.

j. Itik Mojosari 

Itik pedaging Mojosari dapat berkelamin jantan atau betina.   Berat badan itik dewasa dapat mencapai 1.4-1.5 kg

k. Itik Bali 

Itik Bali memiliki leher lebih pendek. Bobot itik Bali jantan dan betina dapat mencapai 1.5  kg.

l. Itik Manila (Entok) 

Entok ditandai oleh gerakan yang lamban, posisi badan mendatar,  sayap lebar sehingga dapat terbang.  Entok memililki berat badan yang mencapai 4 kg.

m. Burung Puyuh 

Salah satu jenis burung yang banyak diternakkan  untuk komersial untuk diambil dagingnya adalah burung puyuh. Burung puyuh memiliki bulu yang berwarna coklat bercak-bercak hitam putih.  Burung puyuh terlihat pendek dan gemuk. 

 

Baca Juga 

 

Demikian Artikel Mengenal Jenis - Jenis Dari Sebuah Unggas Pedaging Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 

 



Artikel Terkait