Tips Lolos Tes Kesehatan Mata Bintara TNI AD

Tes kesehatan mata Bintara TNI AD merupakan salah satu materi penilaian kesehatan dalam proses seleksi untuk menjadi anggota di kesatuan tersebut. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak sekali serangkaian tes yang harus dilakukan oleh para calon anggota Bintara TNI AD. Proses seleksi penerimaanya dilakukan dengan sangat ketat salah satunya adalah tes kesehatan.

Anggota Bintara TNI AD dituntut untuk mempunyai kesehatan yang sempurna. Hal itu dilakukan tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena mengingat beratnya tanggung jawab yang diemban oleh Bintara TNI AD yang bertumpu pada kekuatan fisiknya. Oleh sebab itu, banyak sekali standar tes kesehatan yang harus dipenuhi calon anggota dari ujung rambut hingga kaki.

Salah satu materi penilaian pada proses seleksi adalah tes kesehatan mata. Pada tes kesehatan mata Bintara TNI AD tidak sedikit yang mengalami kegagalan sehingga tidak bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. Oleh karena itu, bagi kamu yang berminat untuk menjadi anggota BINTARA TNI AD  maka harus pintar-pintar menjaga kesehatan terutama kesehatan mata.

 

Baca Juga :

 

Tes Kesehatan Mata BINTARA TNI AD

Jadi Tes Kesehatan Mata BINTARA TNI AD ini ada beberapa yang harus dilewati, yaitu :

  • Tes Buta Warna

Dalam Tes Buta Warna ini kamu akan melihat angka di dalam kumpulan warna-warna yang samar-samar. Buta Warna adalah kelainan pada organ mata yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan (Wikipedia).

 

Jika kamu tidak bisa melihat angka didalam kumpulan warna-warna tersebut maka segera periksakan ke Dokter untuk diperiksa dan diobati.

  • Tes Minus Mata

Tes ini adalah memeriksa mata kamu apakah mata kamu mengalami minus atau tidak, jadi dalam tes ini kamu membaca HURUF dengan jarak kurang lebih 5 meter, dengan 1 mata bergantian.

Jika kamu tidak bisa melihat HURUF yang di tunjuk oleh panitia seleksi maka kamu akan gugur, jadi sebelum tes, disarankan kamu memeriksakan mata ke Dokter agar kamu tahu apakah mata kamu sehat atau tidak.

 

Hal-hal yang Harus Kamu Hindari untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bagi kamu yang mempunyai cita-cita menjadi BINTARA TNI AD  maka mulai sekarang kamu harus benar-benar menjaga mata supaya tetap sehat. Tes kesehatan mata Bintara TNI AD merupakan tes rikes tahap pertama. Tips yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata yaitu tidak terlalu banyak menatap layar komputer atau ponsel karena menyebabkan mata kelelahan.

Jika kamu memiliki hobi membaca, untuk menjaga kesehatan mata maka kamu harus menghindari membaca dengan cahaya yang redup karena akan membuat ketegangan mata. Minimnya cahaya saat membaca dapat membuat mata kamu lelah. Saat membaca juga kamu harus memperhatikan jarak mata dengan buku. Bacalah buku dengan jarak ideal yaitu sekitar 30 cm.

Tidak sedikit orang yang mengucek matanya ketika mata merasa gatal ataupun lelah. Saat akan mengucek mata, pastikan bahwa tangan kamu dalam keadaan bersih. Jangan sekali-kali mencoba untuk mengucek mata dengan tangan kotor atau setelah memegang benda-benda. Tangan yang kotor akan dapat menginfeksi mata karena banyaknya bakteri yang membuat mata kamu rusak.

 

Lakukan Hal Ini untuk Membuat Mata Kamu Tetap Sehat

Untuk lolos dalam tes kesehatan mata Bintara TNI AD sebaiknya kamu banyak memakan banyak buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung vitamin A. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin A mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan sehingga mampu mengurangi resiko degenarasi makula. Sebelum kamu melakukan tes mata sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel secara rutin.

Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, kamu juga perlu melatih mata dengan cara mencoba memfokuskan mata pada objek yang dekat dan sedikit jauh. Proses tersebut dilakukan beberapa kali. Melatih mata juga dapat dilakukan dengan melihat objek yang bewarna hijau misalnya persawahan dengan menutup mata menggunakan telapak tangan. Telapak tangan bisa kamu jauhkan selama 10 detik.

 

Baca Juga :

 

Kiat Sukses Seleksi Bintara TNI AD Kamu bisa menghindari hal-hal yang dapat merusak mata dan melakukan hal-hal yang bisa membuat mata kamu tetap sehat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jaga dan rawat mata kamu denga baik jika berniat menjadi anggota BINTARA TNI AD . Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan kamu bisa lolos pada tahap tes kesehatan mata Bintara TNI AD.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait