Tes Kesehatan AKPOL dan Hal Yang Membuat Gagal

Tes kesehatan AKPOL menjadi salah satu dari serangkaian tahapan untuk masuk akademi polisi. Lolos seleksi tes fisik, namun gagal tes kesehatan maka akan membuat perjalanan Anda untuk masuk ke AKPOL harus terhenti. Sehingga sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri dan memastikan layak untuk menjadi polisi NKRI.

Tes kesehatan sendiri dilakukan melalui dua tahap berbeda, yakni tes bagian luar tubuh dan bagian dalam tubuh. Tes ini bertujuan untuk menguji kelayakan kondisi kesehatan peserta atau calon taruna taruni, sehingga dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi prajurit.

Tak sedikit calon yang gagal dalam seleksi kesehatan ini, karena memang tidak memenuhi penilaian kategori sehat menurut penguji. Ternyata ada beberapa hal yang dapat menggugurkan peserta saat tes kesehatan. Apa saja itu? Simak artikel kali ini sampai akhir.

 

Baca Juga :

 

Hal-Hal Yang Membuat Gagal Tes Kesehatan AKPOL

Sebenarnya Anda bisa mengetes kondisi kesehatan diri sendiri dengan cara melakukan general check up. Sehingga misalnya ada gangguan kesehatan yang masih bisa diperbaiki, maka Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu. Hal inilah yang sering diabaikan oleh calon taruna taruni. Mereka tidak melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, sehingga tidak mengetahui bagaimana kondisi kesehatan diri mereka sendiri.

Penilaian dalam tes kesehatan AKPOL dinilai berdasarkan kategori Stakes. Apabila penilaian kesehatan Anda berada di kategori stakes 3 dan stakes 4, maka dinyatakan gugur. Beberapa kategori kesehatan yang sering menggagalkan calon diantaranya:

  • Memiliki bekas luka operasi di kepala.
  • Bentuk kepala yang tidak sempurna dan mata yang tidak normal.
  • Pendengaran yang tidak sempurna.
  • Bagian gigi yang kotor rusak, berlubang, gigi tonggos terlihat serta daerah senyum yang ompong.
  • Memiliki kelainan tulang punggung.
  • Jumlah testis tidak sama dengan dua pada pria.
  • Tidak memiliki kelainan apapun pada alat reproduksi.

Tips Sebelum Tes Kesehatan

Bagi calon AKPOL yang gugur saat tes kesehatan, tentu saja tidak dapat melanjutkan ke tahapan tes yang selanjutnya. Itulah mengapa penting sekali untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes. Berikut sedikit tips yang mungkin bisa Anda gunakan sebelum tes kesehatan:

  1. Jauh-jauh hari sebelum mengikuti tes kesehatan AKPOL, sebaiknya lakukan general check-up terlebih dahulu. Paling tidak 6 bulan hingga 1 tahun sebelum tes kesehatan. Sehingga jika Anda mengetahui ada kondisi yang tidak baik pada kesehatan Anda, bisa segera melakukan penanganan.
  2. Untuk melakukan tes laboratorium, sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya dan jus buah-buahan segar. Tujuannya untuk membuat tekanan darah menjadi ideal.
  3. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan berat satu minggu sebelum tes kesehatan, karena bisa membuat tekanan darah tidak normal.
  4. Hindari minum minuman berakohol, kafein, suplemen atau lainnya ketika akan menjalankan tes urin. Akan lebih baik jika hanya mengonsumsi air putih saja.
  5. Sebelum tes kesehatan, sebaiknya calon sering-sering menghirup udara segar di pagi hari agar saat tes memiliki paru-paru yang baik. Anda bisa minum soda, karena soda dipercaya dapat membersihkan paru-paru.
  6. Pastikan Anda sudah mengorek atau membersihkan telinga. Sering dianggap sepele, namun tes pendengaran bisa membuat peserta gagal tes kesehatan.

Baca Juga :

Jadi, sebelum calon taruna maupun taruni menghadapi tes kesehatan, persiapkan kondisi sehat jasmani dan rohani sebaik-baiknya dan pastikan tidak mengidap kelainan tertentu. Oleh karena itu, sebelum Anda tes kesehatan sebaiknya Anda menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit tersebut sehingga bisa lolos tes kesehatan AKPOL.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait