Cerdas, Ciptakan Kandang Ayam Auto Bersih dengan Teknologi IOT Siswa SMAN 1 Jetis ini Dapat Penghargaan

Kandang ayam identik kumuh dan biasanya banyak dipenuhi oleh kotoran karena jarang dibersihkan. Mungkin jika satu kandang ayam kecil pemilik kandang ayam akan membersihkannya, namun kalau kandang ayam nya besar, maka pemilik kandang ayam tersebut kualahan.

 

Namun, lewat tangan kreatifnya, pelajar SMA Negeri 1 Jetis Bantul mampu menciptakan kandang ayam berbasis auto clean, mampu membersihkan kotoran ayam secara otomatis.

 

Kandang ayam auto clean ini diciptaan oleh pelajar kelas XII IPA, Wahyu Adi Pratama dibantu oleh Pentanius Miko Arnando dan Cahya Fitri Rahayu.

 

Dilihat secara sekilas, kandang ayam auto clean ciptaan pelajar Bantul ini mempunyai  desain sederhana. Berukuran 2x1 meter, sama seperti kandang ayam pada umumnya.

 

Hanya saja, perbedaan terlihat ada di bawah kandang ayam yang dilengkapi dengan dua lapis karpet. Karpet ini akan berfungsi untuk menampung kotoran ayam.

 

 

Ketika mesin mulai berjalan, karpet ini akan berputar dan kotoran-kotoran ayam yang ada di atas karpet akan dihalau oleh weaper yang terpasang di samping kandang.

 

Pencipta kandang ayam auto clean, Wahyu Adi Pratama mengatakan ide pembuatan kandang ayam auto clean berangkat dari maraknya peternakan ayam yang dipaksa tutup oleh warga karena kotor dan berbau menyengat.

 

"Ide awal pembuatan [kandang auto clean] ini karena melihat kandang ayam berukuran besar di dekat rumah. Sanitasinya buruk dan berbau, akhirnya dituntut oleh masyarakat untuk ditutup. Kami terpikirkan untuk membuat kandang ayam bagi peternak ayam supaya ramah lingkungan," katanya, Senin (08/10/2018)

 

Dijelaskan Wahyu, kandang ayam auto clean hasil kreasinya memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya dilengkapi sensor timer atau setingan waktu.

 

Setiap tiga jam sekali, menurutnya, mesin pompa secara otomatis akan menyala dan berputar membersihkan kotoran-kotaran ayam yang mengendap di atas karpet dengan begitu kandang menjadi bersih dan sehat.

sumber https://goo.gl/VgcDmP



Artikel Terkait

Share Artikel





IKUTI FANSPAGE KAMI




FOLLOW INSTAGRAM

Hosting Unlimited Indonesia