Gerak Harmoni Dan Gerak Akor Dari Sebuah Seni Musik

Gerak Harmoni Dan Gerak Akor Dari Sebuah Seni Musik

 

Gerak akor adalah perpindahan rangkaian akor yang digunakan untuk mengiringi musik sesuai dengan pertimbangang harmoni. Dengan memperhatikan gerak akor dalam harmoni, lagu akan terdengar indah. Harmoni berarti selaras. Keselarasan dalam lagu dihasilkan oleh hubungan yang serasi antara nada satu dengan nada lain secara vertikal Dari Sebuah Seni Musik.

Konsep susunan vertikal ini merupakan dasar musik barat yang berprinsip pergerakan bunyi menuju tonika. Sedangkan harmoni pada musik gamelan lebih bersifat horizontal yang lebih menekankan pada sistem nada tertentu (pelog dan slendro) dengan mood tertentu yang ditentukan oleh pathet. 

Untuk mendapatkan harmoni yang baik, kita harus memperhatikan dua unsur, yaitu interval dan akor.

1) Interval 

Interval adalah jarak antara dua nada. Setiap interval dalam tangga nada dengan jarak yang berbeda diberi nama yang berbeda pula. Ada dua macam interval, yaitu interval melodik dan interval harmonik. Interval melodik berfungsi membentuk melodi dan interval harmonik berfungsi membentuk harmoni Dari Sebuah Seni Musik. Interval melodik tersusun membentuk tangga nada dari yang paling rendah ke nada lebih tinggi atau sebaliknya.

Birama 1: Pasangan not diatonik mi-fa berisi satu setengah nada dan, karena itu, membentuk interval ke-2 kecil (minor). 

Birama 2: Pasangan not diatonik mi-sol berisi empat setengah nada dan, karena itu, membentuk interval ke-3 kecil. 

Birama 3: Pasangan not diatonik sol-do berisi enam setengah nada, membentuk interval ke-5 murni. 

Birama 4: Pasangan not do-ri dibentuk dari pasangan not diatonik do-re, suatu interval ke-2 besar yang berisi tiga setengah nada. Perluasan re setinggi satu setengah nada menjadi ri mengakibatkan do-ri membentuk interval kedua lebih. 

Birama 5: Pasangan si-ru berasal dari pasangan not diatonik si-re yang berisi empat setengah nada. Ini menjadikannya interval ke-3 kecil. Not re yang diturunkan satu setengah nada mengakibatkan pasangan si-ru membentuk interval ke-3 kurang (diminished).

 

2) Akor 

Akor adalah susunan tiga nada atau lebih secara vertikal yang bila dinyanyikan secara serentak akan menghasilkan nada yang harmonis Dari Sebuah Seni Musik. Karena tersusun dari tiga nada utama, akor juga sering disebut sebagai trinada. Nada-nada yang dijadikan sebuah akor dimulai dari nada utama sebagai dasar akor, kemudian nada kedua berupa nada terts (nada ketiga dari nada dasar), dan nada ketiga adalah nada kwint (nada kelima dari nada dasar). Akor terbentuk dengan memperhatikan interval harmonik.

Dalam nada dasar natural akan terlihat susunan akor sebagai berikut: 

Tingkat I   : c – e – g disebut tonika diberi nama C mayor 

Tingkat II  : d – f – a disebut supertonika diberi nama D minor 

Tingkat III : e – g – b disebut median diberi nama E minor 

Tingkat IV  : f – a – c1 disebut subdominan diberi nama F mayor 

Tingkat V   : g – b – d1 disebut dominan diberi nama G mayor 

Tingkat VI  : a – c1 – e1 disebut submedian diberi nama A minor 

Tingkat VII : b – d1 – f1 disebut introduktor diberi nama B dim

Akor tingkat I, IV, dan V memiliki jarak interval antara nada dasar dengan nada terts-nya adalah 2 yang disebut sebagai terts besar (mayor). Misal dari nada c ke e berjarak 2. Maka, akor tersebut disebut sebagai akor mayor. Akor ini digunakan dalam gerak akor utma. Oleh karena itu disebut juga sebagai akor utama atau mayor. 

Nada dasar pada akor-akor II, III, dan VI memiliki interval terts kecil (minor) terhadap nada kedua. Misalnya nada d ke f berjarak 1½. Maka akor-akor tersebut disebut sebagai akor minor. Akor VII disebut juga akor diminished karena jarak antara nada dasar dengan nada ketiganya hanya 3 atau berupa interval kuint kurang (diminished).  Akor II, III, VI, dan VII (akor minor dan akor diminished) dikelompokkan sebagai akor tambahan karena berfungsi sebagai pemanis gerak akor.

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Gerak Harmoni Dan Gerak Akor Dari Sebuah Seni Musik Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait