Ingin Masuk Akpol? Ini Daftar Tes Kesehatan Polisi yang Harus Lulus

Jika ingin mendaftar Akademi Kepolisian di Indonesia, tentu saja Anda harus melewati yang namanya tes kesehatan polisi. Tes kesehatan sendiri menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan rekam medis dari calon taruna dan taruni negara. Jadi, dalam proses seleksi ini kesehatan peserta sangatlah penting.

Setiap calon taruna maupun taruni polisi wajib untuk menyelesaikan serangkaian tes masuk Akpol, termasuk tes kesehatan. Tes ini dilakukan oleh panitia seleksi khusus yang ahli dalam bidang kesehatan. Ada kriteria-kriteria khusus apakah nantinya calon polisi dinyatakan lulus atau tidak. Apabila lulus, maka bisa melanjutkan ke tahap seleksi yang selanjutnya. 

Untuk lebih lengkapnya, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa daftar tes kesehatan polisi, yang mungkin bisa menjadi informasi untuk Anda yang ingin masuk akpol. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

 

Baca Juga :

 

Tahapan Tes Kesehatan Polisi

Biasanya tes kesehatan dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pemeriksaan bagian luar tubuh dan dalam tubuh. Tahap seleksi kesehatan yang harus dilalui misalnya seperti tinggi dan berat badan, postur tubuh, dan termasuk juga kondisi kesehatan intim calon polisi seperti virginitas dan payudara (untuk polisi wanita), hernia dan varikokel (untuk pria), alat reproduksi dan lainnya.

Sedangkan untuk tahap kedua, dilakukan pemeriksaan bagian dalam tubuh yang meliputi:

  • Pemeriksaan urin untuk mendeteksi kencing manis dan penyakit ginjal.
  • Pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah normal atau tidak.
  • Pemeriksaan rontgen  untuk mengetahui ada tidaknya kelainan organ.
  • Pemeriksaan dengan EKG atau rekam jantung untuk mengetahui kondisi jantung.
  • Pemeriksaan dengan USG untuk mengetahui benda asing seperti batu ginjal spirometrik.

Ada beberapa kriteria yang dapat menyatakan peserta gagal melewati tahap seleksi tes kesehatan polisi. Diantaranya seperti tekanan darah tidak normal, jantung tidak normal, menggunakan narkoba, menderita HIV/ AIDS maupun penyakit menular lainnya, cacat fisik, gangguan pendengaran, mata juling, menderita kencing manis, hamil (untuk wanita) serta memiliki 2 lebih dari 2 masalah gigi dan mulut.

Tips Lolos Tes Kesehatan Masuk AKPOL

Menjadi polisi mungkin menjadi mimpi besar bagi para peserta yang mengikuti serangkaian tes masuk AKPOL. Oleh karena itu, sebaiknya mempersiapkan diri baik-baik agar lolos di semua tahap seleksi, termasuk tes kesehatan polisi. Berikut sedikit tips agar bisa lolos tes kesehatan:

1. Lakukan Medical Check Up

Pastikan Anda sudah melakukan medical check-up kurang lebih 6 hingga 8 bulan sebelum mengikuti tes masuk kepolisian. Anda bisa memastikan sendiri terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda. Dalam beberapa kondisi tertentu, seperti misalnya memiliki varises, maka Anda bisa segera mengatasinya terlebih dahulu.

2. Jaga Kesehatan

Sebelum menghadapi tes laboratorium, usahakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Selain itu, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup. Sebaiknya tidak begadang dan melakukan kegiatan berat sebelum tes, karena bisa mempengaruhi tekanan darah yang kurang ideal.

3. Konsumsi Air Putih Sebelum Tes Urin

Untuk menjaga kandungan urin agar tetap netral, maka Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya sebelum melakukan tes urin. Hindari menggunakan obat-obatan, suplemen berenergi, cafein dan minuman keras minimal satu minggu sebelum tes kesehatan.

 

Baca Juga :

 

Demikian itulah sedikit informasi tentang tes kesehatan untuk masuk AKPOL. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang berencana untuk masuk Akademi Kepolisian. Sehingga Anda bisa menjalani serangkaian tes yang diberikan dan lolos tes kesehatan polisi dengan baik. 



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait