Inilah Gaji Polwan Terbaru dari Pangkat Rendah Sampai Tertinggi

Untuk kamu yang penasaran dengan gaji polwan terbaru dari pangkat rendah sampai tertinggi, kamu bisa menemukan jawabannya disini! Setelah terjadi perubahan pada peraturan pemerintah yang mengatur gaji polisi pada Maret 2019 lalu, ternyata ada kenaikan gaji pokok per bulan untuk para anggota Polri. Lalu, berapa besaran gaji polwan saat ini?

Gaji Polwan Terbaru dari Bharada Sampai Jenderal

Sama halnya dengan polisi, polwan juga mendapatkan besaran gaji yang sama setiap bulannya tergantung pada pangkat dan masa kerjanya. Terdapat empat golongan dalam karir seorang polwan yaitu Tamtama, Bintara, Perwira Pertama, serta Perwira Menengah dan Tinggi. Dan berikut inilah besaran gaji polwan sesuai pangkatnya dalam keempat golongan tersebut.

  1. Gaji Polwan Golongan I Tamtama

    Golongan I alias Tamtama dalam keanggotaan Polri memiliki enam jenjang karir mulai dari Bhayangkara Dua sampai Ajun Brigadir Polisi. Bhayangkara Dua sebagai pangkat terendah mendapat gaji mulai dari Rp 1.643.500 untuk masa kerja 0 tahun, sedangkan Ajun Brigadir Polisi memperoleh gaji mulai dari Rp 1.917.100 sampai Rp 2.960.700 untuk masa kerja 28 tahun.

  2. Gaji Polwan Golongan II Bintara

    Lalu, bagaimana dengan gaji polwan terbaru dari pangkat rendah sampai tertinggi untuk golongan Bintara? Ada enam pangkat juga dalam golongan II ini. Dimulai dari yang terendah yaitu Brigadir Polisi Dua dengan gaji pokok per bulan mulai dari Rp 2.103.700 untuk masa kerja 0 tahun. Diikuti dengan Brigadir Polisi Satu dengan gaji mulai dari Rp 2.169.500.

    Selanjutnya, untuk Brigadir Polisi, setiap bulan mereka akan mendapat gaji mulai dari Rp 2.237.400. Sedangkan untuk pangkat lainnya seperti Brigadir Polisi Kepala, Ajun Inspektur Polisi Dua dan Ajun Inspektur Polisi Satu secara berurutan mendapatkan gaji pokok  mulai dari Rp 2.307.400, Rp 2.379.500 dan Rp 2.454.000 setiap bulannya disesuaikan dengan masa kerja.

  3. Gaji Polwan Golongan III Perwira pertama

    Untuk golongan Perwira Pertama ini, hanya ada tiga jenis pangkat saja yaitu Inspektur Polisi Dua, Inspektur Polisi Satu dan Ajun Komisaris Polisi. Gaji per bulan untuk Inspektur Polisi Dua adalah mulai dari Rp 2.735.300. Untuk Inspektur Polisi Satu, gaji mereka diatur mulai dari Rp 2.820.800. Sedangkan Ajun Komisaris Polisi, besaran gajinya mulai dari Rp 2.909.100.

  4. Gaji Polwan Golongan IV Perwira Menengah – Tinggi

    Selanjutnya, berapa besaran gaji polwan terbaru dari pangkat rendah sampai tertinggi untuk golongan Perwira Menengah – Tinggi? Dalam sejarahnya, ternyata ada banyak juga Polwan yang bisa sampai pada golongan tertinggi dalam keanggotaan Polri ini. Terdapat dua kategori dalam golongan ini yaitu Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Kedua kategori ini juga memiliki beberapa pangkat dibawahnya.

    Untuk Perwira Menengah: Komisaris Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi dan Komisaris Besar Polisi masing-masing mendapat gaji mulai dari Rp 3.000.100, Rp 3.093.900 dan Rp 3.190.700. Sedangkan untuk Perwira Tinggi: Brigadir Jenderal Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi dan Jenderal Polisi masing-masing memperoleh gaji Rp 3.290.500, Rp 3.393.400, Rp 5.079.300 dan Rp 5.238.200.

Demikianlah besaran gaji pokok polwan setiap bulannya. Gaji pada setiap pangkatnya bisa jadi berbeda tergantung pada masa kerja anggota tersebut. Meskipun terlihat kecil, masih ada uang lain yang mereka dapatkan setiap bulannya seperti uang lauk pauk, uang saku, tunjangan keluarga dan pensiun, serta tunjangan fungsional. Sekian daftar gaji polwan terbaru dari pangkat rendah sampai tertinggi.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait