2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern

2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern

 

1.  Pengertian Iringan Tari Modern

2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern adalah untuk mengisi gerak-gerak tari, dan tiap-tiap tarian mempunyai pola pukulan tertentu. Dalam tari, iringan memegang peranan penting. Ada dua macam iringan dalam tari, yaitu iringan internal dan iringan eksternal. Iringan internal adalah iringan tari yang langsung ditawarkan oleh penari, seperti tari Samur, tari Tifa, dan tari Rebana. Iringan eksternal adalah iringan yang berasal dari luar diri penari. Dalam tari, musik mempunyai tiga fungsi iringan, yaitu musik sebagai iringan gerak tari, musik sebagai ilustrasi, dan musik sebagai pemberi suasana. 2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern bebas sesuai dengan sifat seni sendiri yang juga bersifat bebas. Meskipun bebas, tetapi tetap ada aturan yang harus ditaati karena menyangkut kemantapan rasa estetis (keindahan) dari kelompok pemilik teori itu. Misalnya, musik tari Irian (Papua) yang seolah bebas memukul tifa sekeras-kerasnya atau seolah tidak pernah henti, sebetulnya mempunyai aturan main yang telah disepakati kelompok itu, yang tentu saja orang lain tidak tahu atau belum tahu di mana letak aturan itu.

 

2. Jenis Iringan Tari Modern

Unsur musik dalam sebuah tarian merupakan unsur pendukung dalam sebuah tarian. Keunikan sebuah tarian dapat dilihat dari musik atau irama pengiringnya. Sebagai contoh tari Balet yang merupakan jenis tarian formal dilakukan dengan iringan musik klasik (orkestra). Tari Tango yang berasal dari Amerika Latin dengan irama tarian pada birama 2/4 atau 4/4. Tari Flamenco dari Spanyol diirngi dengan permainan gitar dan kastanyet. Sedangkan tari Break Dance umumnya diiringi lagu hip-hop, rap atau lagu remix. Berikut ini beberapa jenis 2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern.

1. Musik Pop merupakan musik hiburan yang menekankan pada kenikmatan bagi pendengarnya. Berbagai musik pop adalah jazz, blues, dan Rap. Musik pop berkembang dari musik tradisional suatu negara atau masyarakat tertentu. Musik Pop yang berirama swing dan waltz berkembang dari seni musik yang dipakai untuk mengiringi tarian tradisional.

2. Musik Rap memiliki ketukan yang kuat, ritmis, dan sangat cepat. Liriknya sering membingungkan orang awam dengan mengacu pada kekerasan yang blak-blakan.

3. Musik R & B merupakan musik Afro Amerika yang populer pada tahun 40-an sampai 60-an yang berubah menjadi musik soul karena musik ini dapat menyentuh dan menggerakan hati.

4. Musik Jazz bercirikan improvisasi yaitu usaha memperindah permainan musik, baik sebagian maupun keseluruhan. Musik jazz lahir dan berkembang dan populer di kalangan masyarakat kulit hitam Amerika Serikat tepatnya di negara bagian New Orleans. 

5. Musik Rock and Roll adalah musik berciri lincah dan menggebu dengan lirik yang digemari kaum remaja. Iramanya dikembangkan dari jenis irama Rhythm and Blues tradisional.

6. Musik blues dikembangkan oleh kaum imigran dari Afrika yang ada di Amerika. Ciri khasnya adalah pemain gitar yang penuh improvisasi.

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel 2 Hal Tentang Dari Iringan Tari Modern Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait