Syarat Masuk AKPOL Yang Harus Kamu Ketahui!

Jika ingin menjadi Taruna Akademi Polisi, maka Anda harus memenuhi syarat masuk AKPOL. Siapa sih yang tidak ingin menjadi taruna negara? Pekerjaan ini memang cukup populer di Indonesia. Sehingga tak heran jika peminatnya dari tahun ke tahun sangat tinggi.

Akan tetapi, untuk masuk ke Akademi Kepolisian bukan sesuatu yang mudah dan instan. Bukan hanya melengkapi syarat-syaratnya saja, melainkan juga menyelesaikan setiap tahap seleksi yang tidak mudah. Sehingga untuk masuk AKPOL perlu dipersiapkan secara matang berbulan-bulan sebelumnya. Bahkan jika perlu satu tahun sebelum Anda mendaftar AKPOL.

Ada serangkaian tahap seleksi yang harus dilalui untuk masuk ke AKPOL. Namun sebelum melalui seluruh tahapan seleksi tersebut, calon utamanya harus melengkapi dan memenuhi syarat masuk AKPOL berikut ini.

 

Baca Juga :

 

Persyaratan Umum Masuk AKPOL

Adapun berikut ini persyaratan umum yang harus dipenuhi, baik untuk calon taruna maupun taruni yang ingin masuk Akademi Polisi:

  1. WNI atau Warga Negara Indonesia dan bukan mantan prajurit TNI/ POLRI dan PNS TNI.
  2. Bertaqwa kepada Tuhan YME dan setia pada NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.
  3. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun saat pembukaan seleksi masuk AKPOL.
  4. Sehat jasmani maupun sehat rohani, serta tidak kehilangan haknya untuk menjadi prajurit sesuai dengan ketentuan hokum.
  5. Tamatan SMA dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7.5 dan sudah terdaftar sebagai peserta UNAS.
  6. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatatn kriminal yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta POLRES setempat.
  7. Apabila calon sudah bekerja, maka harus melampirkan surat persetujuan dari kepala jabatan serta bersedia diberhentikan dari status karyawan apabila diterima menjadi Taruna Akademi Polisi.

Persyaratan Khusus Masuk AKPOL

Selain syarat masuk AKPOL yang umum, berikut ini juga ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon taruna, diantaranya:

  1. Memenuhi ketentuan persyaratan tentang Ujian Nasional dan nilai rata-rata hasil UAN sesuai yang dipersyaratkan.
  2. Bagi calon taruni, belum pernah menikah maupun hamil dan melahirkan serta belum pernah memiliki anak kandung biologis bagi taruna. Sanggup untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan di AKPOL.
  3. Tidak memiliki tato maupun bekas tato, tidak berindik maupun bekas tindik seluruh anggota tubuh. Dikecualikan bagi yang disebabkan karena ketentuan agama/ adat.
  4. Perbuatan pidana atau asusila selama menempuh rangkaian seleksi masuk maupun saat pendidikan, maka Taruna maupun Taruni dapat diberhentikan secara tidak hormat serta tidak bisa mendaftar kembali.
  5. Dalam Syarat masuk AKPOL ini, Anda harus melampirkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan milik pemerintah, seperti RS pemerintah atau Klinik BNN/ BNK/ BNP.
  6. Membuat surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia serta bersedia untuk ditugaskan pada semua bidang tugas. Surat pernyataan tersebut ditandangani oleh calon dan orang tua/ wali.
  7. Berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat pendaftaran
  8. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 tahun terhitung dari sejak diangkat menjadi perwira POLRI. Serta sedang tidak terikat dengan ikatan dinas manapun.
  9. Melampirkan kartu BPJS kesehatan bagi calon taruna yang dinyatakan lulus.

 

Baca Juga :

 

Itulah beberapa persyaratan khusus dan umum yang harus dipenuhi oleh calon taruna taruni AKPOL. Maka, sebelum Anda mendaftar menjadi Akpol sebaiknya lengkapi terlebih dahulu. Syarat masuk AKPOL lainnya untuk lebih detail dan lengkap, bisa dilihat melalui laman resmi AKPOL.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait