Hal yang harus kalian ketahui ! 5 Cara memilih jurusan IPA atau IPS Versi Ex-School

Halo, Sobat Exschool!

 

Mumpung lagi suasana pergantian tahun ajaran baru, Kali ini Exschool mau membahas  5 cara memilih jurusan IPA atau IPS. Buat kalian yang baru lulus SMP, masa SMA merupakan masa yang penuh warna, karena banyak orang yang mengatakan kalau masa SMA itu masa yang paling indah lho.. karena sebagian besar dari kalian akan mengenal cinta, haha.. 

 

Oh ya, di SMA kalian diharuskan untuk memilih jurusan yang sesuai bakat dan minat kalian. Tapi, ada juga beberapa sekolah yang melakukan tes psikologi untuk mengetahui minat bakat kalian. Jadi kalian nanti langsung dijuruskan sesuai karakteristik yang kalian miliki. Buat kalian yang masih bingung mau pilih yang mana, yuk baca ulasan dibawah!

 

Sebelum memilih salah satu di antara jurusan ini, ada baiknya kita mengetahui karakteristik kedua jurusan tersebut terlebih dahulu.

 

Baca Juga :

1. Jurusan IPA

• Mempelajari ilmu pasti 

• Mengutamakan logika

• Perlu konsentrasi tinggi untuk mempelajarinya

• IPA terdiri dari empat aspek yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi

 

2. Jurusan IPS

• Mempelajari segala sesuatu yang mempelajari tentang masyarakat.

• Membutuhkan kekritisan dan penalaran dalam berpikirr

• Harus rajin membaca

• IPS terdiri dari beberapa aspek, seperti Sosiologi,Sejarah,Geografi,Ekonomi,dll.

 

Setelah mengetahui karakteristiknya, selanjutnya kalian harus menentukan apa yang akan kalian pilih, simak tips-tips dibawah ini:

 

1. Ketahui Minat dan Bakat Kamu

Minat membuat apa yang kita kerjakan menjadi menyenangkan. Misalnya, kamu minat untuk menulis dan ingin menjadi penulis yang hebat. Karena minat kamu pada menulis, kamu merasa waktu menjadi cepat saat kamu menulis. Jadi cari tahu jurusan apa yang cocok untuk mengembangkan minatmu itu.

 

2. Ketahui Rencana Kuliah dan Karir Kedepan

Setelah lulus SMA, selanjutnya kamu akan ke perguruan tinggi. Jika ingin sukses di bangku kuliah, maka kamu harus mempersiapkannya sejak dini saat di bangku SMA. Jadi jangan sampai saat mau memilih jurusan di perguruan tinggi, kamu baru sadar bahwa kamu salah dalam memilih jurusan di SMA.

 

3. Diskusikan dengan Orang Tua

Sangat penting bagi kamu untuk membicarakan hal ini kepada orang tua. Karena orang tua juga bertanggung jawab terhadap masa depan anaknya dan juga menginginkan yang terbaik. Orang tua mungkin juga mempunyai pendapat tentang apa yang lebih baik kalian pilih. Tetapi jika itu sama sekali tidak cocok dengan minat mu, coba bicarakan baik-baik dengan mereka.

 

4. Jangan Ikut-ikutan Teman

Ini juga sangat penting, karena kamu sudah dewasa, jadi harusnya kamu tidak perlu terpengaruh dengan teman. Karena semuanya memiliki minatnya masing-masing. Jadi bisa saja jurusan itu cocok dengan temanmu, tetapi tidak cocok dengan minatmu.

 

5. Jangan Terpengaruh Mindset Negatif Terhadap Suatu Jurusan

Selama ini di masyarakat berkembang anggapan bahwa siswa yang memilih jurusan IPA merupakan anak-anak yang rajin, pintar dan disiplin. Sedangkan anak IPS itu merupakan anak yang nakal, pemalas. Itu semua tidak benar teman-teman. Yang menentukan rajin atau tidaknya itu diri kalian masing-masing bukan jurusan. Jadi, stop pemikiran yang seperti itu, Okee??

 

Baca Juga :

 

Yap, itulah sobat Exschool beberapa hal yang harus kalian ketahui 5 cara memilih jurusan IPA atau IPS. Gimana sudah bisa menentukan belum? Kalau masih belum juga mintalah petunjuk kepada Tuhan agar dimudahkan dalam memilih. Oke sekian dulu ya, sampai jumpa di lain waktu..



Artikel Terkait

Share Artikel