5 Tips memilih Jurusan di Universitas | EX - School

Halo, Sobat Exschool! Setelah kemarin membahas tentang 10  universitas terbaik, kali ini Exschool mau memberikan 5 tips memilih jurusan di universitas bagi kalian yang masih bingung mau memilih jurusan apa? Tenang kami bantu untuk mencari jurusan yang kalian inginkan.. 

 

Memilih jurusan tidaklah sulit jika kalian telah mengenal bakat dan minat diri kalian masing-masing terlebih dahulu. Akan tetapi, jika masih belum juga menemukan pilihan yang tepat, yuk simak 5 tips memilih jurusan di universitas dibawah ini!

 Baca Juga :

 

1. Temukan bidang yang kalian minati

Progam kuliah sarjana itu berdurasi setidaknya 3 hingga 4 tahun tergantung bagaimana kalian dalam menjalaninya. Jadi pastikan kalian menikmati masa kuliah kalian. Akan tetapi jika anda punya minat yang kuat dalam bidang tertentu, otomatis kalian bersemangat untuk menghadapi kesulitan yang ada. Maka dari itu, temukan dulu bidang apa yang kalian minati sehingga dapat memilih jurusan dengan mudah. 

 

Cerita dari teman-teman saya “Pada awal – awal masuk kuliah itu masih bersemangat, ketika sudah semester 3 – 7 itu sudah malas dalam menjalani kuliah, kenapa?? Karena tugas yang diberikan itu tiada henti dan pasti banyak. Hmmmm…”

Jadi dari cerita di atas ini jadikan bahan pertimbangan untuk memilih jurusan. Okeyy??

 

2. Prestasi yang kalian miliki

Prestasi apa yang pernah kalian miliki? Atau yang pernah kalian capai?. Hal itu juga dapat menjadi acuan dalam menentukan jurusan. Dan itu juga dapat menjadi penguat agar diterima di universitas negeri. Misalnya, kalian memiliki sebuah sertifikat juara dari ajang perlombaan, maka universitas tersebut juga akan mempertimbangkan sertifikat kalian tersebut.

 

Cerita dari teman “Saya punya sertifikat lomba tingkat kabupaten dan provinsi, saat pendaftaran online saya masukkan scanner sertifikat lomba saya, tetapi itu hanya percuma gara – gara saya tidak teliti membaca peraturan saat daftar online, di peraturan tersebut ada harus melaukan pengiriman berkas ke universitas yang saya daftar, tetapi saya tidak mengirimkan berkas sertifikat tadi dan akhirnya saya tidak lolos. Sedih sekali rasanya”..

 

Hmmm…. Dari cerita diatas rasanya sedih sekali ya, mangkanya teman-teman sobat exschool jangan sampai mengalami hal yang sama, kalian harus teliti dengan pengumuman yang diberikan panitia.

 

3. Apakah hobimu ?

Jika kalian masih belum menemukan apa yang ada di poin pertama tadi, mungkin hobimu bisa membantu menunjukkan bakat minatmu. Misalnya kalian hobi menggambar atau fotografi. Maka kalian bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan animasi atau DKV.

 

Jangan sampai kalian punya hobi desain kalian masuk teknik informatika.. hehehe…

Pasti kalian tidak betah dengan tugas yang diberikan, kenapa? Ya karena itu bukan passion kalian… pahami itu…

 

4. Cita - cita

Jika cita-cita kalian sudah jelas, maka hal ini akan sangat membantu kalian dalam menentukan jurusan kuliah. Jika anda bercita-cita menjadi pengacara, tentunya kalian harus mendalami kuliah tentang Hukum.

 

5. Jurusan yang Tersedia

Seiring perkembangan jaman, banyak sekali jurusan baru yang muncul, untuk menyediakan tenaga kerja bagi yang sebelumnya tidak ada. Maka dari itu kalian harus cermat-cermat dalam memilih jurusan yang tepat di universitas yang kalian tuju. Jangan sampai kalian tidak dapat diterima di universitas tertentu hanya karena salah memilih jurusan.

 

Apalagi biasanya ada yang memilih jurusan karena paksaan orang tua, hmmmm… pasti tidak bisa nolak dehh… 

maka beri gambaran ke orang tua kalian jurusan yang kalian akan pilih. Agar orang tua tahu kalian setelah lulus kuliah itu ngapain..

 

 Baca Juga :

 

Nah, Sobat Exschool itulah 5 Tips memilih Jurusan di Universitas. Kuliah itu tidak sebentar lho kawan-kawan jadi pastikan memilih jurusan yang tepat dan sesuai hati kalian masing-masing. Semoga bermanfaat dan Sukses !

 



Artikel Terkait

Share Artikel





IKUTI FANSPAGE KAMI




FOLLOW INSTAGRAM

Hosting Unlimited Indonesia