Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa

Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa

 

Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa Indonesia dewasa ini sedang membangun dan memperbaiki jati diri nya, yang memungkinkan terjadi nya perubahan secara fisik materi maupun sosial budaya masyarakat. Perubahan di dunia internasional memiliki pengaruh besar terhadap proses pembangunan nasional Indonesia. Perkembangan internasional terus melaju dan berubah serta dapat memengaruhi perkembangan masyarakat Indonesia. Perkembangan tersebut turut berpengaruh terhadap keberadaan atau eksistensi jati diri bangsa yang sudah menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.

Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa Indonesia merupakan nilai budaya luhur yang harus dipertahankan keberadaannya. Jati diri bangsa Indonesia yang luhur inilah yang harus diwariskan kepada generasi berikutnya. Namun, perubahan sosial budaya yang di dalamnya memuat modernisasi dan globalisasi telah membawa dampak positif sekaligus negatif. Salah satu dampak negatif nya adalah memudarnya jati diri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Jati diri khas bangsa baik yang merupakan budaya materiil maupun immaterial mulai tergantikan oleh jati diri masyarakat dunia yang belum tentu bernilai baik dan positif. Jati diri khas yang dimiliki bangsa indonesia selama beratus-ratus tahun tersebut dapat luntur dan terkikis karena adanya dampak negatif dari modernisasi yang berlangsung. Untuk lebih memahami mengenai cara mengatasi memudarnya eksistensi jati diri bangsa.

Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa Indonesia yang syarat akan nilai luhur ternyata mulai terancam dengan masuknya jati diri yang berasal dari luar masyarakat. Masuknya jati diri yang bersifat negatif sebagai pengaruh dari modernisasi globalisasi dan perubahan sosial-budaya. Sudah tahukah kamu sikap apa saja yang mengancam jati diri bangsa Indonesia? Bangsa Indonesia dikenal mahsyur sebagai bangsa yang ramah, toleransi tinggi, peduli dengan orang lain, gotong royong, dan masih banyak yang lainnya. Perlahan-lahan nilai luhur bangsa itu mulai luntur oleh sikap seperti egois, apatis, dan individualisme.

cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa, bukan? Benar, jati diri bangsa yang luhur harus kita jaga dan lestarikan di antaranya dengan beberapa upaya sebagai berikut.

a. Meningkatkan pemahaman religius dan ketakwaan terhadap Tuhan 

b. Meningkatkan solidaritas antarmanusia yang dapat dilakukan dengan kepedulian sosial seperti membantu korban gempa. 

c. bersikap apa adanya dan tidak munafik 

d. Menyaring budaya, teknologi, dan nilai-nilai yang masuk ke Indonesia dan disesuaikan dengan kepribadian bangsa 

e. Tidak bergantung pada negara lain yang lebih maju dan berkiblat ke dunia Barat 

f. Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa 

g. Memperkuat ideologi dan nasionalisme melalui berbagai kegiatan, contohnya upacara bendera dan pekan seni budaya nusantara. 

h. Mengimbangi kemajuan iptek dengan mempertebal iman dan taqwa. 

i. Mencegah meluasnya narkoba, pornoaksi, miras, dan sebagainya. 

j. Mencintai produk dalam negeri dengan cara meningkatkan kualitas produk dalam negeri 

k. Meningkatkan persatuan dan kesatuan 

l. Menjaga kelestarian lingkungan hidup 

m. orang tua makin aktif dalam mendidik anak 

Selain upaya di atas, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Pewarisan Budaya Cara Mengatasi Jati Diri Bangsa Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait