Tes Mental Ideologi Akademi Militer, Begini Tips Agar Lolos Saat Tes

Tes mental ideologi menjadi salah satu dari rangkaian tes masuk Akademi Militer, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. Tujuan utama dari tes ini adalah untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana mental dan ideologi tertanam dalam diri masing-masing calon taruna. Tes ini juga untuk mengukur sejauh mana kesiapan calon untuk mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Tes mental dan ideologi sendiri dilakukan melalui dua tahapan, yaitu tes tertulis dan tes lisan melalui wawancara. Kelihatannya mudah, namun justru banyak calon yang tersisih pada babak seleksi ini karena kurangnya persiapan yang matang. Mereka cenderung menganggap sepele seleksi mental ideologi ini.

Penilaian dalam tes mental dan ideologi ini mencakup wawasan calon taruna tentang kebangsaan. Mencakup di dalamnya seputar pergaulan remaja, kebijakan pemerintah, agama, UUD 1945, Pancasial, wawasan nusantara serta berita atau isu-isu terkini.

 

Baca Juga :

 

Contoh-contoh Pertanyaan Tes Mental Ideologi

Dalam tes mental dan ideologi ini, nantinya calon prajurit akan diberikan beberapa pertanyaan dan harus dijawab dalam selembar kertas folio. Dalam tes ini yang diuji adalah kemampuan calon untuk bercerita dan menuliskan pengetahuannya seputar ideologi.

Ada beberapa kemungkinan pertanyaan yang sering ditanyakan saat tes ideologi ini, diantaranya:

  • Jelaskan apa yang diketahui tentang fungsi serta bagaimana kedudukan pancasila di negara ini?
  • Jelaskan terkait faktor kepemimpinan Indonesia dalam rangka untuk mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila
  • Coba jelaskan, mengapa ideologi PKI bertentangan dengan nilai-nilai dalam Pancasila. Lalu bagaimana upaya untuk mencegah berkembangnya ideologi PKI.
  • Apa makna yang Anda ketahui dalam pembukaan UUD 45.
  • Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang Pancasila yang dilihat dari segi yuridis konstitusi dan kaitannya dengan pembukaan UUD 1945.

Itu hanya sedikit contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan saat mental ideologi. Namun yang jelas, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu seputar tentang negara dan ideologi negara.

 

Tips Menghadapi Tes Ideologi

Untuk menghadapi tes ideologi masuk Akmil ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda agar lolos seleksi, diantaranya yaitu:

  1. Bekali diri sebaik dan sebanyak mungkin seputar ideologi negara dan wawasan kebangsaan Anda tentang negara ini. Banyak-banyaklah membaca tentang kewarganegaraan seperti yang pernah diajarkan saat sekolah.
  2. Memahami makna pancasila dan UUD 1945 yang seringkali dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai wawasan ideologi calon taruna militer. Memahami tidak sama dengan menghafalkan. Disini Anda dituntut untuk memiliki wawasan dalam pengamalan pancasila dan UUD 45.
  3. Saat masuk ke ruang seleksi mental ideologi, tetap tenang dan tidak perlu grogi. Pada tahap tes lisan, maka Anda harus menjawab secara tegas tanpa ragu-ragu dan tidak bereblit-belit. Jawablah setiap pertanyaan dengan tidak berputar-putar. Itulah mengapa penting untuk melakukan latihan menjawab pertanyaan terlebih dahulu.
  4. Penting juga untuk mempelajari tentang profil TNI dan AKMIl termasuk sejarah singkatnya. Anda juga bisa belajar tentang isu-isu terakhir tentang TNI.
  5. Hal yang tidak kalah penting lainnya, Anda harus menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan tidak mengada-ngada. Calon taruna perlu untuk menunjukkan kemampuannya tidak hanya di bidang akademik, melainkan juga non akademik.

 

 

 

 

Baca Juga :

Itulah sedikit informasi dan tips untuk menghadapi tes ideologi seleksi masuk Akmil. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda dan membantu meningkatkan peluang lolos tahap tes mental ideologi di Akademi Militer.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait