Tips Lolos Tes Pantukhir Akademi Angkatan Udara, Begini Kiat-Kiatnya

Menjadi taruna dan taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) mungkin menjadi impian besar bagi mereka yang ingin meniti karir di bidang angkatan udara. Sehingga tak sedikit yang mencari informasi tentang rangkaian tes seleksi masuk AAU, mulai dari seleksi administrasi, fisik, kesehatan hingga yang terakhir ada tes pantukhir.

Bisa dikatakan, bahwa tes ini merupakan babak terakhir yang akan menentukan calon taruna dan taruni apakah akan menjadi bagian dari AAU atau tidak. Sehingga tak heran jika seleksi terakhir ini bisa dikatakan sebagai tes yang paling menegangkan. Karena ibarat kata, peserta atau calon sudah menempuh perjalanan yang panjang dengan serangkaian tes, dimana tahap ini akan menentukan nasib mereka.

Oleh karena itu, diperlukan kiat-kiat khusus agar bisa lolos tes Pantukhir Akademi Angkatan Udara ini. Yuk, langsung saja ketahui tentang tes Pantukhir ini dan tips-tips agar lolos seleksi.

Baca Juga :

 

Tes Pantukhir Akademi Angkatan Udara (AAU)

Pantukhir sendiri merupakan akronim dari Pemantauan Akhir. Tes Pantukhir diperlukan untuk menyisihkan peserta yang hingga tahap seleksi terakhir masih melebihi kuota penerimaan. Sehingga tes ini juga dilakukan oleh panitia pusat.

Tes ini adalah tes penghabisan, sehingga tidak ada tes seleksi lainnya setelah menyelesaikan Pantukhir. Sebenarnya semua calon yang masuk ke tahap ini sudah dinyatakan memenuhi syarat sebagai taruna taruni AAU. Hanya saja, jumlah calon yang memenuhi persyaratan itu melebihi kuota peserta yang diterima. 

Melalui tes Pantukhir ini, bertujuan untuk benar-benar memilih calon yang sesuai dengan kriteria, sederhananya sebagai tahap verifikasi. Dalam tes ini, calon akan diperiksa mulai dari postur tubuh dan bentuk fisiknya dengan hanya memakai pakaian dalam apakah sudah sesuai dengan data tertulis hasil tes-tes sebelumnya.

 

Tips Lolos Tes Pantukhir AAU

Jika ingin lolos tes Pantukhir Akademi Angkatan Udara, tidak ada salahnya Anda menggunakan beberapa tips berikut ini:

  • Sebelum berangkat mengikuti seleksi, pastikan Anda sudah mandi bersih dengan membersihkan mata, hidung, gigi, mulut dan lainnya sampai benar-benar bersih. Sebaiknya menggunakan celana dalam baru yang belum pernah digunakan.
  • Belajar peraturan bari berbaris, terutama sikap sempurna.
  • Berlatih di depan kaca untuk melihat postur tubuh, tidak boleh miring dan bahu harus rata.
  • Berlatihlah untuk sikap berdiri yang benar.
  • Berlatih cara memandang yang datar dan tajam.
  • Pelajari juga bagaimana sikap suara yang keras dan juga tegas.
  • Buat sedikit catatan, lalu hafalkan seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, tempat tinggal, pekerjaan orang tua, dan lainnya tentang keluarga.
  • Pastikan kerapihan rambut dan kuku sebelum berangkat seleksi.
  • Tenang, jangan cemas dan jangan grogi maupun tegang. 
  • Membuat diri sendiri merasa nyaman selama melaksanakan tes Pantukhir.
  • Berlatih berbicara, agar bisa memberikan kesan yang baik dan cara berbicara yang beretika ketika diwawancarai. Setiap kali ditanya, maka jawablah dengan lantang dan jelas dengan pandangan mata fokus ke mata penanya. 
  • Tetap bersemangat dan berpikiran positif, namun jangan berlebihan.
  • Apabila Anda ditanya tentang cita-cita, maka jawab saja dengan spesifik dan tidak terlalu idealis agar tidak dianggap pembohong. Anda pasti akan ditanya alasan masuk TNI, maka jawablah dengan jujur dan tidak berlebihan. 

Baca Juga :

 

Jika Anda berhasil menyelesaikan tahap seleksi yang terakhir ini, maka Anda akan dinyatakan lolos seluruh rangkaian seleksi Akpol. Sehingga Anda bisa masuk Akademi Angkatan Udara (AAU), itulah sedikit informasi mengenai tes Pantukhir, semoga bermanfaat.

 



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait