SEJARAH AKPOL DI SEMARANG & TIPS LOLOS AKPOL TAHUN INI

Apa Itu AKPOL ?

AKPOL adalah Singkatan dari AKADEMI POLISI yaitu Sebuah Lembaga Pendidikan untuk mendidik dan menciptakan Perwira Polisi di Indonesia. Anak muda mana yang tidak ingin menjadi Perwira Polisi ??? Hampir anak muda di Indonesia ingin mendaftarkan diri di AKPOL atau Akademi Polisi ini. Memang AKPOL sangatlah terlihat Gagah dan Keren dalam menggunakan seragamnya.

AKPOL adalah unsur pelaksana Pendidikan Pembentukan Perwira Polri yang berada dibawah kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Menjadi seorang AKPOL akan dididik selama 4 tahun dan setelah itu akan menjadi dan mempunyai pangkat Polisi Dua (IPDA).

 

Baca Juga :

 

SEJARAH AKPOL DI SEMARANG

Tempat Pendidikan AKPOL berada di Semarang, pada sebelumnya penempatan Pendidikan AKPOL berubah ubah. Berdirinya AKPOL atau AKADEMI KEPOLISIAN dimulai setelah Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Setelah beberapa hari dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, para cendekianwan bangsa Indonesia mengambil alih kekuasaan Pendidikan dari penjajah jepang.

AKPOL di Semarang diresmikan penggunaannya oleh Kapolri Jendral PO.Drs.Awaloeddin Djamin MPA. Dengan Skep Kapolri No. POL Skep/36/I/1985 tanggal 24 Januari 1985 . dan sebelumnya nama AKPOL adalah AKABRI / AAK. Pada tanggal 10 April 1999 AKPOL dinyatakan terpisah dari AKMIL, AAL, AAU serta Teknis administrasi juga Lepas dari MAKO Akademi TNI.

Pendaftaran AKPOL 2019 biasanya dibuka pada bulan Maret – April, Pada tahun 2018 Pendaftaran AKPOL mencapai Puluhan Ribu jika di kalkulasikan se Indonesia. Pendaftaran AKPOL biasanya agak repot di Administrasinya karena Administrasi yang dipenuhi lumayan banyak. Jika kamu tidak teliti dan memperhatikan dengan seksama maka akan Gugur saat Seleksi Administrasi.

Baca Juga :

 

TIPS LOLOS saat Seleksi Administrasi AKPOL :

  1. Sebelum kamu mendaftar di AKPOL, kamu persiapkan berkas administrasi terlebih dahulu, dari awal sampai akhir persyaratan yang tercantum pada Ketentuan pendaftaran AKPOL.

    Biasanya banyak yang terjadi kesalahan pada Akta Kelahiran, KTP, KK kamu, jadi coba cek data – data kalian dari Nama, Tempat Tanggal Lahir, Nama Orang Tua, dan lain lain. Jika kamu tidak teliti disini maka akan gugur saat seleksi Administrasi!.

  2. Sebelum mendaftar AKPOL kamu disarankan melakukan CEK UP (cek up untuk mendaftar AKPOL) di Rumah Sakit terdekat. CEK UP ini sangatlah penting untuk kelancaran seleksi kamu, CEK UP ini berfungsi untuk mengecek apakah kamu memiliki kelainan atau tidak seperti : Gigi Berlubang, Mata Minus, Terkena Verikokel, Varises, Buta Warna, dan lain-lain.

    Jika kamu mengalami kelainan segeralah diobati atau terapi agar dapat sembuh sebelum tes dilaksanakan.

  3. Sebelum mendaftar AKPOL kamu Belajarlah Psikotes atau Psikologi yang khusus tes AKPOL atau POLISI. Berlatihlah mulai sekarang dan pahami trik trik ilmu dari psikologi itu sendiri. Sebenarnya Psikologi itu mudah karena tidak menggunakan Rumus untuk mengerjakannya. Cukup pahami ilmunya saja.

  4. Sebelum mendaftar AKPOL kamu disarankan Mempersipakan Fisik, agar saat seleksi kamu tidak kaget melihat tesnya yang sangat berat. Cobalah berlatih Olahraga : Lari, Sit Up, Push Up, Pull Up, Lari angka 8, dan Renang. agar kamu bisa lolos dalam seleksi Samapta ini kamu harus persiapkan sekarang juga.

  5. Yang Terakhir yaitu Berdoa dan Minta doa dari Orang Tua.

 

Baca Juga :

 

Masih kurang puas membaca artikel ini, kami bisa membantu anda dalam tes TNI / POLRI nanti.

kami menyediakan BUKU 99,99% LOLOS SELEKSI TES MASUK TNI & POLRI LENGKAP.

Kunjungi Toko kami di Bukalapak

 

Demikian artikel tentang SEJARAH AKPOL DI SEMARANG & TIPS LOLOS AKPOL TAHUN INI, Semoga bermanfaat dan sukses dalam melaksanakan Seleksi AKPOLnya. Jika menurut kamu bermanfaat silakan share ke teman teman kamu agar teman kamu mendapatkan informasi ini juga.

 



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait