6 Cara membuat Event Menarik dan Sukses di sekolah

EX-School - Pada jaman sekarang event di sekolah sudah marak sekali di setiap sekolah. Yang diadakan setiap tahun bahkan setiap semesternya.

Organisasi-organisasi sekolah sekarang banyak yang memberanikan untuk membuat event di sekolahnya, dengan tujuan membesarkan nama sekolahnya ataupun tujuan lainnya…

Namun tidaklah mudah dalam membuat event disekolah, apalagi membuat event yang keren dan bisa mendapat pengunjung yang berjumlah banyak.

 

Pasti susah!! Apalagi anak sekolah! Masih belum ada pengalaman dan wawasan dalam bidang tersebut.

Nah disini saya akan berbagi tips kepada kalian Cara membuat event keren di sekolah  , Yukkk mari simak …

 

Pertama …

Buat Rancangan terbaik di event kalian

 

Untuk mengesankan pengunjung dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, semuanya harus menjadi unggulan tidak hanya pada hari event tersebut tetapi juga sebelum dan sesudah hari itu.

 

Kalian bisa memilih tempat yang terbaik di sekolah kalian dan mengundang pembicara terbaik (MC). Tetapi jika kalian tidak membuat konten yang berkualitas tinggi untuk mempromosikan event kalian, event kalian tidak akan mendapatkan pengunjung yang banyak.

 

Setelah merancang tempat, tanggal, makanan, vendor, bintang tamu, dan lain lain, inilah saatnya untuk mulai membuat gebrakan seputar event kalian yang akan datang di media sosial.

Menurut Digital Marketing, kecerdasan media sosial, dan perusahaan visualisasi, sekitar 88% pemasaran menggunakan saluran media sosial dapat meningkatkan kesadaran tentang peristiwa mereka sebelum terjadi. Jadi intinya mempromosikan event kalian di media sosial lebih baik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari upaya kalian, buat postingan blog tentang event kalian (Menurut HubSpot(blog.hubspot.com) blogging meningkatkan kesempatan menikmati hal positif hingga 60%) 

Uploud event kalian di twitter , Instagram, Facebook yang mempunyai pengguna baru sekitar 10 juta setiap bulannya, apalagi jika kalian menggunakan hastag yang sedang treding di media sosial, ini tidak hanya akan membantu kalian menciptakan keterlibatan di antara pengunjung kalian tetapi juga menarik perhatian pendaftar baru netizen…

Bisa juga Uploud Event kalian di ex-school.com kalian bisa uploud Event kalian secara GRATIS!

 

Kedua…

Pilih Pembawa acara yang prefesional

 

Host/Pembawa Acara dapat membuat atau menghancurkan event kalian.

Pembawa acara memikul tanggung jawab untuk menghibur, menarik, menyenangkan, dan membentuk suasana hati yang tepat untuk suasana hati para pengunjung kalian.

Selain itu, mereka memiliki kekuatan untuk mendorong niat mempengaruhi, membuat pengunjung mengikuti arahan tertentu dan fokus pada pencapaian tujuan event kalian.

Demikian pula, pembawa acara dapat gagal menarik perhatian pengunjung , pembawaan yang garing, menciptakan suasana hati yang salah dan akhirnya memberikan pengalaman buruk yang akan selamanya terikat pada event kalian.

Kalian perlu memilih pembawa acara yang dapat mengelola event kalian secara bersamaan, tergantung pada tema, pengunjung dan tujuannya. 

 

Catatan : Memilih pembawa acara yang baik dan prefesional membutuhkan cukup banyak waktu dan penelitian, tetapi ini merupakan langkah penting untuk kesuksesan acara kalian.

 

Ketiga...

Pilih Bintang tamu yang terkenal

 

Pengunjung pasti tertarik dengan event kalian jika bintang tamu kalian terkenal, apalagi fans dari bintang tamu kalian, pasti akan datang ke event kalian.

Bayangkan bintang tamu kalian Raisa ! hehehe…

Pasti sudah ribuan orang yang booking tiket kalian…

Ketika kalian bisa mendatangkan bintang tamu yang terkenal efek baiknya akan kembali ke event kalian sendiri kok…

Pasti di ingat oleh pengunjung kalian…

Pasti merek/nama event kalian menjadi terkenal…

Maka pikirkan terlebih dahulu untuk mengundang bintang tamu yang terkenal…

Misal kalian mengundang bintang tamu yang biasa-biasa saja atau tidak terkenal, pengunjung kalian bakal tidak begitu tertarik dengan event kalian.

Kalian sendiri mungkin ketika mendatangi event yang bintang tamunya biasa-biasa saja pasti akan tidak begitu tertarik dengan apa yang ditampilkan.

Kebanyakan event – event disekolah menggunakan bintang tamu yang biasa-biasa saja hanya agar mengisi waktu kosong di sela-sela waktu istirahat.

Memang masalahnya itu pasti di budget dan itu sangat wajar, tetapi usahakan memcari sponsor sebanyak mungkin dan buat proposal yang baik dan jangan sampai mencari dana untuk memperkaya diri.!!!

 

Baca Juga : Cara Efektif membuat proposal sponsorship untuk kegiatan | Acara | Event

Keempat..

Atur suasana dengan pencahayaan, warna dan musik

 

Untuk menciptakan suasana yang sempurna untuk event kalian, kalian perlu menggunakan pencahayaan yang baik.

Menurut penelitian pendiri Event Organizer, cahaya terang memperkuat reaksi emosional orang terhadap berbagai jenis stimulus.

Jika event kalian di pagi hari sampai sore gunakan pewarnaan disekitar tempat event kalian yang se-menarik mungkin. Gunakan warna yang sesuai dengan pengunjung kalian.

Dan gunakan musik yang sesuaikan jenis acara kalian, agar pengunjung terhibur dengan musik kalian. Gunakan Sound Sistem yang bagus agar enak didengarkan.

Jika event kalian di malam hari gunakan pencahayaan yang seterang akan tetapi sesuaikan dengan suasana event kalian juga.

Hal baik dari pencahayaan yang tepat adalah membantu pengunjung mengambil foto berkualitas. Kalian pasti menginginkan para pengunjung berbagi foto event kalian dengan teman dan media sosialnya (untuk meningkatkan kesadaran merek event kalian) bukan???

Nah mangkanya bantu mereka mendapatkan foto terbaik dan bukti visual tentang betapa kerennya event kalian sebenarnya.

 

Kelima ...

Beri hal yang mengesankan 

Menurut Forbes, hanya butuh 7 detik untuk membuat kesan pertama yang baik. Menurut Business Insider orang memutuskan hal—hal berikut dalam bebrapa detik setelah bertemu kalian :

  • Kepercayaan
  • Statusmu
  • Intelijen
  • Seberapa sukses kalian

 

Sebelum event dimulai, pastikan bahwa ada cukup anggota panitia untuk menyambut tamu kalian. Sambutan hangat dan perhatian dari panitia kalian akan sangat membantu.

Selain itu, pertimbangkan pakaian tim kalian. Panitia semuanya harus menggunakan pakaian yang cocok dengan tema event kalian, agar pengunjung tahu bahwa kalian sebagai anggota panitia.

 

Keenam ...

 Jangan lupa untuk berterima kasih kepada pengunjung

 

Hal ini adalah yang paling sering dilupakan oleh para pihak panitia event di sekolah, padahal dengan berterima kasih membuat interaksi dengan pengunjung lebih dekat.

Apalagi kalian sudah melakukan banyak waktu dan upaya untuk mengatur event yang sempurna untuk pengunjung kalian, apakah kalian tidak sayang kehilangan memontum di saat itu?

Ketika semuanya berakhir, ucapan terima kasih yang hangat akan sangat dihargai. Bersyukur kepada pengunjung adalah hal penting dan itu akan membuat kalian benar-benar jauh dalam hal kenangan baik. Kalian akan terhubung dengan pengunjung setelah event, meningkatkan kemungkinan mereka menghadiri event yang akan datang lagi dan menutup semuanya dengan catatan positif.

Selain itu sebelum mengucapkan selamat tinggal, jika ada formulir umpan balik / saran dan kritik memintalah pendapat dari mereka, kritik dan saran adalah bagaimana kalian belajar dari kesalahan kalian, memahami apa yang seharusnya kalian lakukan secara berbeda dan menggunakan kritik dan saran itu untuk acara kalian selanjutnya.

 

“Kami semua membutuhkan orang-orang yang akan member kami umpan balik, begitulah cara kami meningkatkan” – Bill Gates (Pendiri Microsoft)

 

 

Ini adalah 6 Cara membuat Event Menarik dan Sukses di sekolah yang akan mengubah event kalian menjadi event yang luar biasa. Semoga bermanfaat dan sukses eventnya…

 



Artikel Terkait

Share Artikel





IKUTI FANSPAGE KAMI




FOLLOW INSTAGRAM

Hosting Unlimited Indonesia