Tes Kesehatan Gigi Polisi dan TNI Terbaru Tahun Ini

Tes kesehatan gigi polisi dan TNI memang diadakan sangat ketat. Tes ini merupakan salah satu syarat untuk bergabung bersama Tentara Nasional Indonesia atau TNI dan juga polisi. Namun bukan hanya tes fisik yang akan dilakukan, melainkan juga tes kejiwaan. Ketatnya tes masuk polisi ini dengan tujuan agar yang dipilih merupakan calon tentara dan polisi yang baik dan unggul untuk menjaga serta membela tanah air.

Tes kesehatan tentara dan polisi ini dilakukan dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Tak jarang sebagian besar calon polisi dan tentara yang mendaftar harus gugur karena tes kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk Kamu yang akan mendaftar sebagai tentara atau polisi mengetahui syarat kesehatan yang diwajibkan. Kebugaran tubuh juga merupakan syarat mutlak untuk bisa bergabung bersama TNI dan polisi.

 

Baca Juga :

 

Tes Kesehatan Gigi TNI dan Polisi

Sebelum mengetahui apa saja syarat tes kesehatan gigi, calon TNI dan polisi ini juga akan menghadapi tes kejiwaan dan juga tes laboratorium. Tes tersebut dilakukan guna mengetahui keadaan organ didalam tubuh. Tes kesehatan ini dilakukan setelah tes administrasi seperti kesesuaian antara tinggi dan berat badan, sikap tubuh saat berdiri dan tidak ada bekas luka operasi.

Untuk TNI AD tinggi minimal 163 cm untuk laki-laki, sedangkan tinggi minimal 157 cm untuk perempuan. Setelah pemeriksaan postur tubuh, selanjutnya yaitu pemeriksaan tiap bidang seperti kesehatan mata, calon polisi atupun tentara tidak boleh memiliki masalah kesehatan atau kelainan seperti buta warna baik buta warna parsial maupun buta warna total. Selain itu dilakukan juga tes telinga, hidung, mulut, serta gigi.

Adapun syarat tes kesehatan gigi polisi dan TNI diantaranya seperti susunan gigi yang rapi dan bagus, gigi tidak berlubang, gigi tidak ompong, tidak tonggos dan tidak menggunakan gigi palsu. Kamu bisa melakukan scarling gigi untuk memenuhi syarat ini. Untuk membersihkan karang gigi, Kamu bisa membersihkannya di puskesmas karena harganya yang lebih terjangkau.

Kamu bisa membersihkan karang gigi selama 6 bulan sekali untuk persiapan masuk TNI atau polisi. Jika Kamu memiliki gigi yang susunannya tidak rata atau rapi, Kamu bisa menggunakan kawat gigi untuk memperbaikinya sebelum mendaftar TNI. Gunakanlah kawat gigi satu sampai dua tahun sebelum mendaftar polisi atau tentara. Jangan lupa juga untuk selalu rajin menyikat gigi.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting untuk Kamu yang akan bergabung bersama tentara atau polisi. Menggosok gigi setiap hari pun belum tentu efektif jika tekniknya kurang tepat. Setelah mengetahui mengenai tes kesehatan gigi polisi dan TNI, berikut ini beberapa point yang dapat Kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi.

  1. Jangan terlalu sering menggosok gigi

Menggosok gigi merupakan rutinitas yang wajib Kamu lakukan. Namun jangan terlalu sering menggosok gigi, karena menggosok gigi lebih dari 3 kali akan membahayakan gusi, lakukanlah 2 sampai 3 kali sehari setidaknya pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

  1. Jangan terlalu kuat dan terburu-buru

Menggosok gigi terlalu kencang akan menyebabkan risiko gigi dan gusi akan rusak. Untuk mengatur petgerakan sikat dengan baik, peganglah sikat sepeti sedang memegang pensil. Berilah waktu 30 detik untuk menyikat bersih.

  1. Sikat lidah dan sisi dalam pipi

Bakteri dalam mulut tidak hanya terdapat pada gigi saja, tetapi juga pada lidah dan sisi kanan dan kiri pipi. Sikatlah pada bagian ini guna mencegah bau mulut yang tidak segar. Kamu juga bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

 

Baca Juga :

 

Pastikan Kamu memilih sikat dan pasta gigi yang tepat juga. Pemilihan sikat dan pasta gigi yang tepat menjadi kunci kesehatan gigi serta gusi. Itulah beberapa syarat tes kesehatan gigi polisi dan TNI, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Kamu.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait