Makna Busana Muslimah dan Menutup Aurat

           Menutup aurat dan berbusana muslimah bukanlah hal asing lagi dalam kehidupan umat islam. Di mana keduanya merupakan sepaket kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang perempuan muslim.

Lalu, apa sebenarnya makna aurat dan busana muslimah dari berbagai sudut pandang, serta perintah yang memperkuat hukum wajib yang melabeli seorang wanita untuk menutup aurat dengan mengenakan busana muslimah yang sesuai dengan syariat islam. Berikut penjelasan mengenai pertanyaan tersebut :

Makna Aurat Secara Bahasa

Menurut bahasa aurat memiliki pengertian malu, aib, buruk, aurat sendiri berasal dari kata awira yang memiliki arti hilang perasaan. Jika digunakan oleh mata atau indera penglihatan, maka berarti hilang cahayanya atau raib dari pandangan.

Berdasarkan istilah dalam hukum islam sendiri aurat merupakan batas minimal dari anggota tubuh yang wajib ditutupi atas perintah Allah Swt yang jelas tercantum dalam Al-Qur’an. Maka, menutup aurat merupakan hal yang wajib dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan, dan haram atau berdosa bagi seorang muslim atau muslimah yang tidak menutup auratnya sesuai dengan syariat.

Baca Juga :

 

Makna Jilbab dan Busana Muslimah

Kita sering kali mendengar kata Jilbab dan busana muslimah dalam kehidupan sehari-hari, di mana kedua benda tersebut merupakan hal yang sering digunakan seorang muslimah untuk menutup aurat mereka sesuai syariat islam.

Namun, pada kenyataannya banyak dari kita tidak mengetahui apa makna jilbab dan busana muslimah secara pasti. Maka dari itu, berikut akan dijabarkan makna jilbab dan busana muslimah menurut beberapa pandangan.

Secara etimologi, jilbab diartikan sebagai sebuah pakaian yang longgar dan dipergunakan untuk menutupi seluruh tubuh perempuan kecuali pada bagian wajah dan kedua telapak tangan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia makna jilbab sendiri adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada.

Jilbab sendiri dalam bahasa Arab lebih dikenal dengan istilah khimar. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan veil. Namun, di Indonesia sendiri beragam penyebutan untuk jilbab, beberapa diantaranya seperti kerudung dan hijab.

Setelah mengenal makna jilbab, maka beralih pada busana muslimah.  Dalam bahasa Indonesia sendiri kata busana dapat diartikan sama dengan pakaian. Jadi, busana muslimah  merupakan busana yang dikenakan atau dipakai oleh muslimah.

Busana muslimah dapat diartikan juga sebagai pakaian wanita muslim yang dapat menutupi aurat yang diwajibkan agama untuk menutupinya. Busana muslimah ini memiliki manfaat untuk kemaslahatan dan kebaikan bagi wanita muslim yang menggunakannya dan juga masyarakat sekitar ia berada.

Berdasarkan makna busana muslimah dan menutup aurat diatas dapat kita lihat betapa pentingnya jilbab dan busana muslim untuk kebaikan seorang muslimah dalam aspek kehidupan di samping berperan sebagai salah satu kewajiban yang harus ditunaikan.

Ayat Al Qur'an Yang Menjelaskan Menutup Aurat

Perintah untuk menutup aurat sendiri telah dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Ahzab/33: 32-33, yang mana ayat tersebut menjelaskan tentang perintah menutup aurat bagi kaum perempuan dan pertama kali diperintahkan kepada istri-istri Nabi Muhammad SAW. Agar tidak melakukan perbuatan seperti yang dilakukan kebanyakan perempuan pada masa itu.

Selain itu, terdapat ayat lain yang menjelaskan tentang perintah kepada istri-istri Rasulullah SAW. Agar tidak berhadapan langsung dengan laki-laki yang bukan mahramnya yakni, dalam Q.S. Al-Ahzab/33:53.

Selain tiga ayat diatas, dalam Q.S. Al-Ahzab/33:59 juga dijelaskan perintah untuk menutup aurat ketika akan keluar rumah. Dalam ayat tersebut Allah Swt. Memerintahkan istri-istri Rasulullah, anak-anaknya, serta istri orang-orang yang beriman untuk mengenakan jilbab.

Dengan adanya ayat-ayat tersebut semakin menguatkan kita, jika menutup aurat atau berbusana muslimah hukumnya ialah wajib dan sesungguhnya adalah murni perintah dari Allah Swt, yang diturunkan secara bertahap untuk dilaksanakan bagi setiap wanita yang beriman.

Makna busana muslimah dan menutup aurat dapat dibuktikan bukan hanya menjadi wacana semata yang hanya dibaca dan dihafalkan, lalu setelah itu lupa tanpa diamalkan. Makna busana muslimah dan menutup aurat sendiri sebenarnya pada pengaplikasiaanya. Bukan hanya sekedar menjadi bacaan namun tidak dijakan sebagai pedoman.

 

Baca Juga :

 

Demikian Artikel tentang Makna Busana Muslimah dan Menutup Aurat ini dibuat, jika ada salah kata atau tulisan penulis minta maaf. Sekian Terima Kasih.

 

Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam



Artikel Terkait