Tes Kesehatan Taruna AAL atau AKADEMI ANGKATAN LAUT

Tes kesehatan AAL biasanya dilakukan dua tahap Tahap Pertama khususnya pemeriksaan bagian luar tubuh seperti tinggi dan berat badan, postur, telinga, kulit, virginitas dan payudara (khusus wanita), varikokel dan hernia (khusus pria), ambeien, amandel, tangan, dan jemari, mata, gigi, THT, alat reproduksi, anus, bentuk kaki X atau O, varises hingga telapak kaki, dalam tahap ini calon diperiksa oleh panitia Tes khususnya panitia bidang kesehatan.

Tes kesehatan Tahap Kedua khusus pemeriksaan bagian dalam tubuh pemeriksaan itu meliputi : urine, darah, dan Rontgen. 

  • Pemeriksaan urine untuk mendeteksi penyakit ginjal dan kencing manis.
  • Pemeriksaan darah dapat diketahui normal tidaknya asam urat kolesterol gula darah HB lemak darah Tri gliserol dan lain-lain.
  • Pemeriksaan rontgen akan diketahui ada tidaknya kelainan atau penyakit paru-paru jantung dan organ sekitarnya .
  • Selain itu calon juga menjalani pemeriksaan dengan EKG atau elektrokardiogram atau rekam jantung untuk melihat kondisi jantung dalam keadaan baik atau tidak baik .
  • Pemeriksaan dengan USG atau ultrasonografi untuk mengetahui benda asing Seperti batu ginjal spirometri untuk mengatur kekuatan pernafasan audiometri untuk mengatur kepekaan pendengaran dan lain-lain.

 

Pemeriksaan kesehatan memang alamat lengkap menjangkau semua tubuh baik bagian luar maupun dalam biasanya calon hanya pasrah menjalani pemeriksaan kesehatan sebabnya pada umumnya calon tidak paham mengenai peralatan yang digunakan untuk mengetes kesehatannya calon biasanya hanya dapat menunggu hasil pemeriksaan lulus atau tidak.

 

Dalam kenyataannya peserta Tes kesehatan itu banyak yang gagal alias tidak lulus Mengapa?

Peserta tidak lulus karena belum paham penilaian seperti apakah saat diuji nanti.

lalu...

Alasan panitia Tes bidang kesehatan menggugurkan peserta-peserta yang gagal dalam Tes kesehatan, Tentu saja tidak diikutkan Tes tahap berikutnya. Nah, agar dapat mengikuti Tes tahap berikutnya peserta harus berusaha mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas kesehatannya. 

 

Cara antara lain sebagai berikut :

 

  • Masalah kesehatan ada yang kasat mata ada yang tidak hanya dokter ahli di bidangnya yang mengetahui kualitas kesehatan seseorang secara keseluruhan, Oleh karena itu jauh hari sebelum pendaftaran kira-kira 6 bulan hingga 1 tahun calon peserta Tes sebaiknya melakukan general check up di rumah sakit polisi atau rumah sakit tentara terdekat, tujuannya untuk mengetahui kondisi tubuh secara lengkap, jika terdapat kekurangan atau menderita suatu penyakit dapat segera diatasi.

    Misalnya dalam general check up untuk diketahui bahwa calon menderita sakit amandel, penyakit itu dapat disembuhkan dengan operasi ringan sebelum pelaksanaan Tes kesehatan, jika tidak melakukan General check up calon tentu dinyatakan tidak lulus karena menderita sakit amandel.

  • Untuk menghadapi pemeriksaan darah laboratorium sebaiknya calon minum air putih sebanyak-banyaknya sebaiknya calon juga sering minum jus buah makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

  • Agar tekanan darah ideal calon peserta sebaiknya beristirahat cukup disarankan calon tidak begadang dan melakukan kegiatan yang terlalu berat, begadang dan melakukan kegiatan berat dapat mempengaruhi tekanan darah menjadi kurang ideal.

  • Sebelum menjalani pemeriksaan urine sebaiknya calon minum air putih yang banyak minuman bersuplemen dan minuman keras harus dihindari, demikian pula minum obat-obatan dan multivitamin yang tidak diperlukan calon harus berusaha tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun minimal 4 hari sebelum jadwal pemeriksaan kesehatan.

  • Agar paru-parunya baik calon peserta Tes harus berhenti merokok, sebaiknya calon sering menghirup udara segar di pagi hari udara pagi yang paling baik untuk paru-paru adalah udara pagi di pantai. khusus calon yang pernah menjadi perokok aktif tiap hari berturut-turut selama 4 hari sebelum pemeriksaan.

  • Sebaiknya minum minuman bersoda, Mengapa? minuman bersoda itu akan membersihkan paru-paru sehingga akan terlihat bersih saat di rontgen. Selain minuman bersoda calon dapat menggantinya dengan air kelapa hijau muda jika ada air kelapa Wulung lebih baik.

  • Untuk menjaga kesehatan telinga sebaiknya calon tidak membiasakan mengorek telinga dengan cotton bud. jika terasa gatal atau terasa ada kotoran didalam telinga sebaiknya pergi ke dokter THT dan minta dibersihkan. menggunakan katenbat yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dalam telinga atau bahkan dapat merusak gendang telinga, sebenarnya kotoran dalam telinga tidak membahayakan bahkan berguna untuk melindungi lobang telinga dari gangguan serangga, di kulit dalam telinga terdapat bulu-bulu halus yang bergerak mengeluarkan kotoran dengan demikian sebenarnya lobang telinga terjaga kebersihannya secara alami.

  • Untuk kesehatan mata sebaiknya calon banyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin A, seperti wortel. sebaiknya calon tidak terlalu berlebihan berada di depan layar TV atau monitor komputer. ketika sedang membaca jarak pandang harus dijaga sebaik nya tidak membaca sambil tiduran. jika merasa ada gangguan atau sakit sebaiknya segera pergi ke dokter mata di periksa dan diminta diobati.

  • Untuk menghadapi Tes kesehatan secara umum dapat dikatakan bahwa calon harus menjalani pola hidup sehat rokok alkohol dan narkoba harus dihindari, biasakan makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Minumlah susu rendah lemak dan jauhi Susu full cream Hindari makanan berlemak minimal dua minggu menjelang Tes kesehatan. 

  • Kurangi makan makanan pedas dan minum es berolahragalah secara rutin olahraga yang paling dianjurkan adalah jogging setiap pagi selama 10 sampai 15 menit, tidur minimal 8 jam sehari menjelang Tes kesehatan. pastikan tubuh benar-benar dalam kondisi segar dan rileks hadapi semua kegiatan Tes dengan ceria jangan tegang dan takut berdoalah agar semua lancar dan lulus Tes.

 

Masih kurang puas membaca artikel ini, kami bisa membantu anda dalam tes TNI / POLRI nanti.

kami menyediakan BUKU 99,99% LOLOS SELEKSI TES MASUK TNI & POLRI LENGKAP.

Kunjungi Toko kami di Bukalapak

 

Demikian artikel tentang TES KESEHATAN TARUNA AAL atau AKADEMI ANGKATAN LAUT ini, semoga lolos dan sukses untuk yang membaca artikel ini. semoga bermanfaat, Terima Kasih.

 

Sumber : "Supertrik Lolos Tes TNI POLRI" (Asul Wiyanto)



Artikel Terkait