Ternyata Ini Materi Tes Psikologi Masuk Akademi Angkatan Laut (AAL)

Tidak hanya digunakan dalam penerimaan karyawan di suatu perusahaan, untuk masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) Anda harus lulus tes psikologi atau yang sering disebut juga tes psikotes. Banyak yang mengira bahwa untuk menjadi prajurit TNI AL hanya dibutuhkan fisik yang kuat saja. Padahal secara psikologis juga penting untuk menjadi TNI.

Tak jarang calon taruna AAL yang gagal dalam tes psikologi karena mereka tidak mengetahui jenis-jenis tes psikologi dan bagaimana cara mengerjakannya. Itu karena kurang matangnya persiapan agar diterima menjadi taruna AAL. 

Tes Psikologi sendiri digunakan untuk mengukur atau menilai kepribadian calon prajurit dengan melihat aspek-aspek tertentu. Sehingga biasanya tes ini membahas seputar informasi pikiran, persepsi, perasaan maupun perilaku yang bersangkutan. Untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, maka Anda harus mengetahui beberapa materi tes psikologi untuk masuk Akademi Angkatan Laut.

 

Baca Juga :

 

Jenis Tes Psikologi Akademi Angkatan Laut

Ada beberapa jenis tes psikologi yang biasanya diujikan saat seleksi masuk AAL, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri dari deret angka untuk mengukur kemampuan analisis peserta. Dalam tes ini, calon diminta untuk memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu. Sebagian besar dalam bentuk deret angka.

  1. Tes Logika Penalaran

Pada tes Akademi Angkatan Laut ini Anda diminta untuk melengkapi bagian yang kosong. Tugas Anda adalah memilih salah satu jawaban yang benar dari beberapa opsi yang diberikan.

  1. Wategg Test

Dalam tes ini Anda diminta untuk melanjutkan bentukan menjadi sebuah gambar yang diinginkan. Tes ini untuk menguji kreativitas dan imajinasi Anda.

  1. Army Alpha Intelegence Test

Tes kombinasi deret angka dan deretan bentuk. Tujuan tes ini untuk mengukur kemampuan daya tangkap calon dalam menerima dan melaksanakan instruksi.

  1. Edward Personal Preference Schedule

Dalam tes ini terdiri dari pilihan-pilihan jawaban yang mencerminkan diri Anda dan digunakan untuk mengetahui motivasi seseorang.

  1. Kraepelin atau Tes Koran

Tes ini menguji daya tahan, kecepatan, kemampuan serta stabilitas diri calon. Karena dalam tes ini menggunakan konsentrasi yang cukup tinggi.

  1. Tes Menggambar Pohon

Calon juga seringkali diminta untuk menggambar pohon sesuai ketentuan yang disebutkan oleh penguji.

  1. Tes Menggambar Orang

Dalam tes ini peserta diminta untuk menggambar orang yang kemudian mendeskripsikan jenis kelamin dan kegiatan orang tersebut. Tes ini berguna untuk menguji tanggung jawab dan kepercayaan diri serta ketahanan kerja.

Kiat-Kiat Sukses Tes Psikologi AAL

Tanpa adanya persiapan yang matang, maka calon taruna taruni bisa gagal saat menghadapi tes psikologi ini. Kelihatannya mudah, namun justru melalui tahap seleksi ini dapat mencerminkan kepribadian Anda yang sebenarnya, serta seberapa pantas calon bisa menjadi prajurit TNI Akademi Angkatan Laut jika dilihat dari kondisi psikologisnya.

Oleh karena itu, untuk menghadapi seleksi tes psikologi, Anda bisa menggunakan kiat-kiat berikut ini:

  • Sering berlatih. Ada baiknya dengan daftar tes psikologi yang sudah disebutkan di atas, bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar dan memahami bagaimana cara mengerjakan tes-tes tersebut.
  • Jangan begadang. Istirahat yang cukup dan sebaiknya tidak begadang beberapa hari sebelum tes psikologi dilaksanakan, karena dapat mengganggu konsentrasi Anda.
  • Jangan terburu-buru. Akan lebih baik jika Anda mengerjakan semua tes psikologi dengan tenang dan tidak terburu-buru.

 

Baca Juga :

 

Sudah siap untuk menjadi taruna atau taruni AAL? Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi rangkaian seleksi tes. Dengan persiapan yang matang, hal ini akan lebih membantu Anda dalam proses masuk Akademi Angkatan Laut. Semoga bermanfaat.



JANGAN KUATIR !

Kami membantu anda dalam menuju kesuksesan anda. Jika kamu masih kurang puas dengan artikel kami, kamu bisa order buku SUPER AJAIB yang bisa membantu kamu dalam belajar sebelum Tes TNI / POLRI. Langsung saja KLIK GAMBAR dibawah ini ! Beli Buku DIKTAT

Artikel Terkait