Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel

Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel

 

Didalam Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel ini, dibedakan menjadi tiga (3) macam astau jenis. Adapun 3 macam pengelompokan musik ansambel ini dikelompokan dengan berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik serta juga dengan berdasarkan golongan alat musiknya. Dibawah ini merupakan penjelasannya :

A. Berdasarkan penyajiannya

Dengan Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel ini dikelompokkan menjadi dua (2) yaitu sebagai berikut :

  • Musik ansambel sejenis

Musik ansambel sejenis merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik yang sejenis. Contoh musik ansambel sejenis ini ialah ansambel rekorder.

  • Musik ansambel campuran

Musik ansambel campuran ini merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau juga bermacam-macam jenis alat musik. Contoh dari musik ansambel campuran ini ialah pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin dan juga simbal.

 

B. Berdasarkan peranan dan fungsinya

Dengan berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik yang digunakan, Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel ini dikelompokkan menjadi 3 jenis diantaranya sebagai berikut :

  • Ansambel melodis

Ansambel melodis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh dari ansambel melodis ini ialah piano,pianika, biola, terompet, tamborin, rekorder dan harmonica.

  • Ansambel ritmis

Ansambel ritmis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh dari ansambel ritmis ini ialah tamborin, drum set, triangle, gong serta gendang.

  • Ansambel harmonis

Ansambel harmonis ini merupakan alat musik yang digunakan berfungsi untuk dapat memainkan melodi lagu serta juga mengatur irama lagu.

 

c. Berdasarkan golongannya

Dengan berdasarkan golongan alat musik, ansambel ini dibagi menjadi 2 jenis yakni dilihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan serta juga peranannya dalam Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel.

a. Sumber bunyi

  • Akrofon

Akrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari getaran udara yang ada. Contoh seperti akrofon adalah seruling serta terompet.

  • Membranofon

Membranofon merupakan alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik. Contoh membranofon ini seperti gendang, rebana dan drum.

  • Kordofon

Kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu didapatkan dari dawai atau juga tali. Contoh kordofon ini ialah gitar, kecapi dan biola.

  • Idiofon

Idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu terletak pada bunyi alat itu sendiri jikadimainkan. Contoh idiofon ini ialah angklung dan gong.

  • Elektrofon

Elektrofon merupakan alat musik yang bunyinya itu bersumber pada tegangan listrik. Contoh seperti elektrofon adalah organ listrik dan juga gitar listrik.

 

Baca Juga

 

Demikian Artikel Jenis Jenis Pengelompokan Dalam Musik Ansambel Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

 



Artikel Terkait